KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Surabaya Teranyar

16.862 JCH asal Jatim Siap Berangkat ke Tanah Suci

Awal Juni nanti kloter pertama jemaah calon haji asal Jatim akan masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Setelah menunggu kurang lebih dua tahun karena pandemi Covid-19, akhirnya 16.000 jemaah calon haji (JCH) asal Jatim siap berangkat ke Tanah Suci menunaikan ibadah haji.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, persiapan keberangkatanJCH di Jatim sudah dilakukan oleh sejumlah pihak terkait, yakni Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Jatim, serta jajaran terkait.

“Ada sekitar 16. 862 JCH asal Jatim yang akan diberangkatkan ibadah haji tahun ini,” ujar Khofifah seperti dilansir KBRN, Rabu (11/5/2022) malam.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief mengungkapkan, untuk memastikan embarkasi (tempat pemberangkatan jemaah haji), pihaknya meninjau telah kesiapan Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Kamis, (12/5/2022). Hal ini perlu dilakukan sebagai wujud mitigasi pasca pandemi Covid-19.

“Kita ingin menata jemaah dan petugas, lalu kapan vaksin, juga pembagian kloter. Ini mengingat jumlah jemaah haji di Jatim merupakan yang terbesar kedua di Indonesia,”ungkap dia.

Narasi yang dibangun juga masih tetap sama, yakni pelaksanaan haji di masa pandemi. “Jangan lupa protokol kesehatan tetap dilakukan,” tandas dia.

Sebagai informasi, pemberangkatan Jemaah Calon Haji 2022 kembali dihelat setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. Melalui Menteri Agama Republik Indonesia, Pemerintah Indonesia mengumumkan kepastian berangkatnya JCH dari Indonesia.Pada tahun ini, Pemerintah Saudi Arabia memberikan kuota 100.051 jemaah.

Sesuai jadwal, kloter pertama masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada 3 Juni 2022. Kemudian pada 4 Juni 2022 mulai melakukan perjalanan menuju Madinah. KBID-BE

Related posts

Getaran Gempa 6,2 Magnitudo di Kabupaten Blitar Terasa hingga Surabaya

RedaksiKBID

Minimalisasi Stunting, Danrem 082/ CPYJ Beri Penyuluhan ke Masyarakat

RedaksiKBID

Perempuan Blasteran Indonesia-Jerman, Cantik, Suka Sepak Bola, Siap Terjun ke Dunia Politik

RedaksiKBID