200 Napi Lapas Kelas 1 Surabaya Porong di Tes Swab

Petugas melakukan swab tes kepada ratusan napi di Lapas Klas 1 Porong.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Sebanyak 200 narapidana Lembaga Pemasyarakatn kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo dilakukan swab tes. Hal itu dilakukan menindaklanjuti sejauh mana sebaran covid-19 dilingkungan Lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo, Gun Gun Gunawan mengatakan ini merupakan kali kedua tes swab yang dilakukan dilingkungan Lapas. Swab tes pertama dilakukan pada Jumat, (18/9) lalu.

“Kemarin ada 200, sekarang ada 200 lagi napi yang dilakukan swab tes,” Cetus Gun Gun Gunawan, Senin, (21/9/2020)

Swab tes ini merupakan tempat ndak lanjut pasca kesembuhan narapidana dari covid-19. Mereka yang sebelumnya ditempatkan diblok khusus covid-19, kini sudah dikembakikan ke blok masing-masing.

“Sampai saat jni tersisa empat narapidana ya g masih dirawat di RS. Mereka memiliki penyakit penyerta (komorbid),” jelasnya.

Untuk melakukan swab tes dilingkungan lapas Porong, pihaknya sudah bersurat kepada Gubernur Jatim dan Kemenkumham Jawa Timur, mengingat biaya yang harus dikeluarkan saat dilakukan swab tes.

“Alhamdulillah gratis biayanya. Karena kita kan minim biaya untuk swab itu. Jadi kami sempat kirim surat ke Gubernur dan menyatakan tentang kondisi lapas. Alhamdulillah disetujui,” terangnya.

Pihaknya masih menunggu hasil swab tes narapidana. Dia berharap, melalui swab tes ini tidak ada lagi narapidan yang terpapar covid-19. Mengingat, sebaran covid-19 begitu cepat kepada siapapun dan dimanapun.

“Kita lihat hasilnya nanti. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang positif,” Pungkasnya. KBID-TUR