KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

71.906 KPM di Surabaya Terima BLT BBM, Eri Cahyadi: Data Penerima dari Kementerian Sosial RI

Tahap awal penyaluran BLT BBM di Surabaya dilakukan di wilayah Krembangan Selatan kepada 50 KPM secara door to door.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Pemkot Surabaya menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT-BBM) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RIs ecara door to door kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Surabaya, Sabtu (3/9/2022). Penyaluran BLT BBM ini akan dilakukan secara dua tahap.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, mulai hari ini BLT BBM disalurkan di beberapa titik. Penyaluran ini dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) melalui PT Pos Indonesia.

“Hari ini sudah disalurkan BLT BBM. Ada beberapa titik yang disalurkan melalui Kantor Pos. Ini kita datanya (penerima) dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di kementerian,”ujar Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Sabtu (3/9/2022).

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajrihatin mengatakan, BLT BBM di Surabaya disalurkan kepada 71.906 KPM yang lokasinya tersebar di seluruh wilayah Surabaya.

“Nanti penyalurannya akan melalui mekanisme Kantor Pos. Sedangkan untuk hari ini memang kami salurkan melalui door to door. Sekaligus untuk mengecek kondisi KPM,” kata Anna.

Dia menjelaskan, BLT BBM ini disalurkan selama empat bulan, yakni pada September-Desember 2022. Setiap bulannya, KPM mendapatkan uang tunai Rp150 ribu dan disalurkan dengan dua tahap.

“Untuk tahap pertama September- Oktober, disalurkan bulan ini, Rp300 ribu. Kemudian November – Desember, akan diberikan pada tahap kedua Rp 300 ribu sekitar Desember 2022,”ungkap dia.

Menurut Anna, kriteria penerima BLT BBM ini sama seperti KPM bantuan sosial sebelumnya. Yakni, KPM telah terdata di DTKS dan sudah terverifikasi oleh Kemensos RI. “Sama seperti sebelumnya, KPM ini terdata di DTKS. Kemudian sudah terverifikasi Kemensos dan layak untuk mendapatkan bantuan,” tandas dia.

Sebagai tahap awal, Anna mengungkapkan, BLT BBM di Surabaya disalurkan secara door to door kepada 50 KPM di wilayah Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan. Sedangkan untuk penyaluran berikutnya akan dilakukan melalui Kantor Pos.

“Kami koordinasi dengan PT Pos Indonesia. Nama-nama (KPM) by name by address (BNBA) nanti diserahkan kepada kami, yang selanjutnya diberikan kepada lurah dan camat untuk percepatan dan dibuatkan jadwal penyaluran,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Terpilih Ketua Umum Pemuda Demokrat Indonesia, Fandi Utomo Siapkan Gerakan Nasionalisme tanpa Sekat

RedaksiKBID

Para Pegiat Sosmed ‘Kuasai’ Gedung Dewan, Ruang Paripurna Jadi Ajang Sambat dan Rasan-rasan

RedaksiKBID

Kader Fatayat NU Harus Miliki Kompetensi sebagai Bagian dari Gerakan Perubahan

RedaksiKBID