Alasan Numpang Menginap, Motor Teman Digondol

Ihlam harus meringkuk di penjara lantaran membawa kabur motor teman.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Pelaku pencurian sepeda motor di tempat kos kawasan Desa Sukorejo RT 11 RW 04, Kecamatan Buduran, Sidoarjo berhasil diringkus polisi.

Dia adalah Ilham (27), warga Desa Gelaga Ombo, Kecamatan Margo Patut, Nganjuk yang tak lain teman korban sendiri.

Kapolsek Taman Kompol Hery Setyo Susanto mengatakan, aksi pencurian itu bermula saat tersangka pada hari Sabtu (13/6), datang ke rumah korban berniat untuk menginap.

“Saat menginap itu, pelaku mengambil kunci serep motor Vixion yang ditaruh oleh korban di jendela,” kata Hery, Selasa (14/7/2020).

Dua hari kemudian setelah berhasil mengambil kunci, tersangka kembali ke kos milik korban. Mengetahui temannya tidur pulas, tersangka mengambil motor milik korban.

“Kesempatan itu di manfaatkan oleh pelaku untuk mengambil dan membawa kabur motor Vixion tersebut,” ungkapnya.

Ketika korban bangun, dia kaget melihat motornya hilang. Ia pun mencoba menghubungi temannya tersebut, namun nomor handphone korban diblokir.

“Karena nomernya di blokir, korban semakin curiga kalau yang mengambil motornya adalah temannya sendiri,” ucapnya.

Korban tak kehabisan akal, dia langsung meminta tolong ke teman perempuannya untuk memancing pelaku dari tempat persembunyian.

Pancingan korban berhasil, pada hari Minggu (12/7), sekitar pukul 14.00 WIB, pelaku mengadakan janjian dengan teman perempuan korban di kawasan Gilang, Kecamatan Taman.

“Sebelum janjian, korban ini kordinasi dengan anggota kami. Dan ke lokasi janjian bersama-sama dan melakukan penangkapan,” ungkapnya.

Setelah berhasil dilakukan penangkapan, tersangka beserta barang buktinya di bawa ke Mapolsek Taman untuk pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut. “Tersangka di jerat pasal 363 KUHP,” pungkasnya. KBID-TUR