KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Atasi Kemiskinan, PKS Surabaya Desak Sahkan Regulasi untuk Keluarga Pra Miskin 

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya Cahyo Siswo Utomo berdiskusi dengan Ketua Bidang Polhukam PKS Surabaya, Hakim soal upaya untuk mengentas kemiskinan di Surabaya. Program Lumbung Pangan PKS bisa membantu sesama dalam mengentaskan masalah kemiskinan di Surabaya.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya menyelenggarakan diskusi ‘Pojok Kuto Suroboyo’ dengan topik kondisi terkini kebijakan keluarga miskin di Surabaya, Jumat (17/2/2023). Diskusi ini menghadirkan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo. Dia memaparkan hal krusial tentang urgensi intervensi atas kesejahteraan warga Kota Surabaya termasuk kebijakan intervensi keluarga miskin.

“Penggunaan istilah keluarga miskin ini menyesuaikan dari standar yang berlaku secara nasional” ungkap Cahyo.

Lebih jauh, anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya ini menjelaskan, memang masih diperlukan intervensi pemkot. Tidak hanya pada keluarga miskin, namun juga pada keluarga pra miskin agar tidak terjatuh.

Cahyo yang juga Wakil Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kota Surabaya ini menegaskan, atas situasi kesejahteraan ini, ada beberapa poin yang penting untuk dikawal bersama, terutama Pemkot Surabaya.

“Yakni, pendataan yang valid serta intervensi baik terhadap keluarga miskin, keluarga pra miskin, terlebih keluarga miskin ekstrem yang masih ada di Surabaya,” ungkap dia.

Selain itu dia juga perlu adanya Peraturan Wali Kota (Perwali) maupun regulasi lain yang jadi payung hukum atas warga pra miskin yang diikuti dengan sosialisasi bentuk-bentuk bantuan serta intervensi pemerintah terhadap warga yang membutuhkan.

Sementara Ketua Bidang Polhukam PKS Surabaya, H.M.I. el Hakim, juga mengamini pernyataan Cahyo. “PKS sendiri juga memperhatikan dan siap mengawal kesejahteraan warga dengan program yang menguatkan ketahanan pangan seperti lumbung pangan,” tandas dia.

Pengacara muda ini menambahkan, penguatan regulasi dalam bentuk perda seperti pengesahan raperda percepatan pengentasan kemiskinan sangat perlu untuk dikawal bersama agar segera disahkan. Harapannya, target Pemkot Surabaya untuk menekan angka kemiskinan khususnya zero miskin ekstrem bisa benar-benar terwujud.

Menanggapi isu keluarga miskin, secara terpisah Ketua PKS Surabaya Johari Mustawan menyatakan, program lumbung pangan ini merupakan bukti konkret PKS mengajak seluruh elemen warga, khususnya anggota PKS, untuk saling membantu sesama dalam mengentaskan masalah kemiskinan di Surabaya,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Terbukti, Bojonegoro Kalahkan Kabupaten Sekitar Untuk Bidang Infrastruktur Dan Penurunan Kemiskinan

RedaksiKBID

Apresiasi Polda Jatim, Awey: Usut Tuntas Kasus Jalan Gubeng!

RedaksiKBID

Peringatan Hari Pangan Sedunia, KWT Mekarsari Klino Raih Penghargaan Gubernur Jatim

DJUPRIANTO