KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Berkunjung ke Jatim, Donny Berharap Komisi Informasi Terus Perkuat Fungsi dan Perannya

Kepala Diskominfo Pemprov Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin beserta jajarannya menerima kunjungan dari Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Donny Yoesgiantoro, berkunjung ke Kantor KI Provinsi Jawa Timur di Jalan Bandilan 2-4, Sidoarjo,Jumat (8/12/2023)

Dalam kunjungan tersebut, doktor kelahiran Semarang itu banyak menyampaikan harapannya untuk dapat terus menguatkan KI sebagai salah satu lembaga negara.

‘’KI itu dibentuk atas amanat Undang-Undang (UU). Yakni, UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Bukan hanya berdasarkan Perpres (Peraturan Presiden). Jadi dasarnya sangat kuat. Karena itu, ke depan harus terus dikuatkan fungsi dan perannya,’’ kata Donny.

Menurut dia, penguatan fungsi dan peran kelembagaan KI bukan hanya di hilir saja seperti sudah dilakukan KI Pusat dan Provinsi serta sejumlah kabupaten/kota selama ini. Namun, juga penguatan pada wilayah hulunya. ‘’Tidak hanya preventif dan kuratif, melainkan juga promotif. Bukan hanya berkutat di penyelesaian sengketa informasi saja,’’ ungkap dia.

Tapi, lanjut Donny, KI mesti menjadi bagian penting dalam layanan keterbukaan informasi sebagai strategi dan keunggulan kompetitif dari badan publik dalam melaksanakan program-program kerjanya untuk masyarakat.

‘’Di situlah merupakan satu peran penting promotifnya,’’beber dia.

Donny juga sempat mencontohkan, beberapa waktu lalu Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa aturan tentang debat capres-cawapres kurang transparan.
‘’Sebetulnya KI kan bisa masuk atau ambil peran untuk menyampaikan tentang transparansi itu,’’ papar Donny.

Namun, dia tidak menampik sejauh ini untuk dapat menguatkan kelembagaan KI masih terkendala beberapa hal. Setelah berkeliling ke banyak daerah sejak dua tahun menjabat ketua KI Pusat, kendala utamanya adalah kecukupan atau ketersediaan anggaran. Sebab, anggaran KI di daerah-daerah masih bergantung dengan kekuatan APBD dan komitmen pemda bersangkutan. Tidak seperti keberadaan KPU atau Bawaslu.

‘’Sehingga ada disparitas (kesenjangan) antara daerah satu dengan daerah lainnya. Kami sudah berdiskusi dengan banyak pihak untuk mencari solusi terbaik menyangkut kendala tersebut. Namun, setiap kali ke daerah dan bertemu kepala daerah atau pejabat daerah bersangkutan, saya selalu menyampaikan agar ada sinergitas,’’ tegas dia

Menghadapi Pemilu 2024 atau Pilkada, Donny juga berharap KI di daerah-daerah untuk turut berperan aktif. Dia menyatakan, pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Komisi Informasi (Perki) tentang Kepemiluan. Harapannya, badan publik dan publik semakin tahu dan tercerdaskan terkait masalah kepemiluan.

Dalam kunjungannya, Donny juga melihat sejumlah ruang di Kantor KI Provinsi Jawa Timur. Salah satunya ruang sidang Penyelesaian Sengketa Informasi. Selepas itu, dia berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jawa Timur. Turut mendampingi, Ketua KI Provinsi Jatim Edi Purwanto, Ketua Bidang Kelembagaan KI Provinsi Jawa Timur M. Sholahuddin, serta Ketua Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi (ASE) KI Provinsi Jawa Timur Yunus Mansur Yasin.

Kedatangan rombongan KI tersebut langsung disambut oleh Kepala Diskominfo Pemprov Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, Sekretaris Diskominfo Suharlina Kusumawardani, dan Sekretaris KI Provinsi Jawa Timur Putut Darmawan. ‘’Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Bapak Ketua KI Pusat,’’ ujar Sherlita. KBID-BE

Related posts

Kejati Bakal Periksa Armuji Terkait Kasus Dugaan Korupsi Gedung DPRD

RedaksiKBID

Tidak Semua Sepakat, Reses DPRD Surabaya Jelang Pemilu Dibatalkan

RedaksiKBID

Permudah Akses Petani, Program JUT Pemkab Bojonegoro Kini Dirasakan Warga Bogangin

RedaksiKBID