KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Bertemu Guru Swasta di Probolinggo, Gus Ipul Janjikan UMR

Gus Ipul saat menyapa guru Raudlatul Athfal (RA) di Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/5).

KAMPUNGBERITA.ID – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menyapa guru-guru Raudlatul Athfal (RA) yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) se Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/5).

Bahkan Gus Ipul sempat mengajak diskusi membahas kesejahteraan guru PAUD. Idah Maimuna, ketua IGRA Probolinggo, memberikan usulan kepada Gus Ipul untuk membuat regulasi tentang kesejahteraan guru, terkait dengan gaji dan tunjangan guru.

“Pemerintah provinsi selaiknya memberikan perhatian lebih kepada guru PAUD. Beberapa program pro kesejahteraan guru PAUD yang telah berjalan selama ini, harus dianjutkan dan ditingkatkan,” ujar Idah di hadapan Gus Ipul dan peserta pertemuan.

“Sejak dua periode lalu (menjadi Wakil Gubernur), saya adalah bagian dari perjuangan Raudlatul Athfal,” kata Gus Ipul menanggapi usulan tersebut.

Menurut Gus Ipul, di antara cara meningkatkan kualitas pendidikan PAUD adalah dengan memperhatikan kualitas gurunya. Saat ini masih terkendala peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru. Dua hal itu harus jadi perhatian khusus.

Untuk peningkatan kualitas guru PAUD, Gus Ipul kedepan akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat di bawah Dirjen PAUD bersama pemerintah kabupaten dan kota untuk menyelenggarakan pendidikan resmi maupun pelatihan informal kepada para guru.

Sedangkan untuk peningkatan kesejahteraan guru PAUD, Gus Ipul merencanakan Upah Minimum Guru (UMG). Mekanismenya, pemerintah provinsi kedepan akan menetapkan besaran upah minimum bagi para guru, seperti halnya upah minumum bagi buruh (UMR).

“UMR diberikan kepada guru-guru swasta non PNS yang selama ini menjadi tanggungan dari sekolah atau yayasan,”kata Gus Ipul.

Nantinya,Gus Ipul berharap sekolah atau yayasan tak hanya mengandalkan APBD atau APBN untuk membayar UMG, namun pihaknya akan mendorong sekolah untuk bekerjasama dengan pihak ketiga. KBID-NAK

Related posts

DPRD Surabaya Minta Program Berobat Gratis dengan Menunjukan KTP Dimaksimalkan

RedaksiKBID

Komisi A Kawal Terus Perjuangkan Sertifikasi Lahan Warga Bozem Morokrembangan

RedaksiKBID

Virus Corona, Desa di Tuban Siapkan Rumah Isolasi Pemudik

KBIDTuban