Cetuskan Ide Pemekaran Wilayah, Eddy Tarmidi: Surabaya Terlalu Padat

Eddy Tarmidi Widjaja.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Politisi PDIP yang juga Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Eddy Tarmidi Widjaja mencetuskan gagasan pemekaran Kota Surabaya. Menurutnya, sudah waktunya Kota Pahlawan dibagi menjadi dua wilayah, yakni Kota Surabaya dan Kota Surabaya Barat.

“Surabaya ini sudah padat. Terlalu crowded. Kalau dibagi menjadi dua wilayah, maka akan lebih optimal dalam pembangunan demi masyarakatnya. Jadi harus dibagi dua, sisi Barat dan sisi Timur,” tegas Wakil Ketua DPD PDIP Jatim ini.

Lebih lanjut, Ia turut mengungkapkan detail gagasan yang dilontarkannya. “Sisi barat dan timur. Batasnya di tengah, Raya Darmo,” beber Eddy.

“Kemampuan dua wilayah itu, sudah sangat mampu secara kemampuannya untuk bisa mendapatkan PAD demi anggaran belanja masing-masing wilayah. Industri di lokasi-lokasi itu bisa sudah untuk menopang. Dari segi jumlah masyarakat pun, sudah cukup. Terlalu padat dan banyak jika tetap tidak dimekarkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Surabaya memiliki luas sekitar 350,54 kmĀ² dengan penduduk yang berjumlah 2.941.981 jiwa. Data itu berdasarkan data terbaru di tahun 2019.KBID-NAK