Desa Socorejo, Kampung Tangguh Semeru Pertama di Tuban

Bupati Tuban, H. Fathul Huda di dampingi Kapolres Tuban, Dandim 0811 dan Kepala Desa Socorejo, meresmikan Kampung Tangguh Semeru

KAMPUNGBERITA.ID – Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu menjadi Kampung Tangguh semeru pertama di Kabupaten Tuban yang diresmikan oleh Bupati, H. Fathul Huda. Hal itu dilakukan, untuk penanganan pamdemik virus Korona yang menyerang Indonesia.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda, dalam sambutannya mengatakan, kampung tangguh sebagai salah satu cara mengatasi bencana secara mandiri, baik pra maupun pasca dengan bersama-sama melibatkan secara kompak, menyelesaikan masalah yang ada.

“Saya harap bisa mendeteksi secara dini setiap permasalahan yang ada di desa. Setelah itu bisa mengambil keputusan yang ada. Apalagi ditengah pandemi Covid-19,” kata Bupati Tuban, H. Fathul kepada awak media, Kamis (28/5/2020).

Bupati menambahkan, menyonsong era New Normal harus ada keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi. Jika keadaan seperti ini di biarkan terus menerus seperti ini, akan berbahaya keberlangsungan negara kedepan.

” Negara hanya kuat beberapa bulan, kalau pembatasan seperti ini dilakukan. Maka di mulai dari bawah kesadaran hidup sehat, akan sejalan dengan kebijakan pemerintah. Tentunya keberhasilan melawan pandemi akan terwujud,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono sebagai inisiasi kegiatan ini mengatakan, Kampung Tangguh Semeru adalah upaya pelibatan masyarakat di tingkat desa yang secara sadar dan bersama – sama berupaya mencegah penyebaran Covid19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul di desanya.

Hal ini dapat dilihat dari adanya langkah-langkah penerapan protokol kesehatan di desa tersebut, kamar isolasi, tim pemulasaraan jenazah yang siap membantu menguburkan korban akibat Covid-19 yang meninggal dunia, lumbung pangan yang berisi berbagai bahan pokok, serta berbagai kelengkapan lainnya.

“Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul,” ujar Ruruh.

Ruruh menambahkan, program yang dilakukan Polda Jatim ini juga mendapat apresiasi Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz. Jika kegiatan ini berhasil dalam menekan penyebaran virus korona, maka akan diadopsi dan diterapkan di seluruh Indonesia.

“Ke depannya Kampung Tangguh Semeru diharapkan juga akan mampu menyelesaiakan berbagai bentuk permasalahan sosial yang timbu,” katanya.

Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman mengatakan, program yang baik ini, sebagai nentuk kesiapsiagaan masyarakat untuk menuju New Normal, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo berdamai dengan Pandemi jangan menyerah tetap semangat menghadapinya.

“Semoga bisa lakukan di desa lain, menghadapi protap Covid-19,”katanya.

Pada acara peresmian Kampung Tangguh Semeru tersebut, ditampilkan juga simulasi pemulasaraan jenazah, peninjauan lumbung pangan yang disampingnya juga terdapat usaha masyarakat mandiri pembuatan masker kain untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. (KBID-Kim)