Gandeng PWI Jatim, SKK Migas Jabanusa Gelar Lomba Karya Jurnalistik

Kepala SKK Migas Jabanusa, Nur Wahidi.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Dalam rangka memperebutkan Piala Kepala SKK Migas Jabanusa, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jabanusa (Jawa, Bali, Nusa Tenggara) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur menggelar lomba karya jurnalistik tulis dan foto.

Kepala SKK Migas Jabanusa, Nur Wahidi mengatakan, perlombaan ini baru pertama kali dihelat pada tahun 2020. Tujuannya untuk memberikan apresiasi bagi karya-karya jurnalistik terbaik di Jabanusa dalam menjalankan fungsi pendidikan, informasi, dan kontrol sosial, terutama di masa pandemi Covid-19.

Karena, pers yang selama ini telah menjadi mitra strategis SKK Migas dan KKKS di kawasan Jabanusa memberikan kontribusi besar dalam mendukung kegiatan hulu migas di Jabanusa, khususnya di Jatim.

“Pers memiliki peran strategis dalam mendukung kegiatan hulu migas di kawasan Jabanusa,” kata Nurwahidi, dalam pres releasenya, Senin (7/9/2020).

Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangun relasi, sinergi, dan kolaborasi yang bersifat saling menguntungkan dan saling memberikan manfaat antara SKK Migas Jabanusa dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan masyarakat pers di Jabanusa, khususnya Jawa Timur.

” Bukan hanya 1 (satu), melainkan ada 5 (lima) tema yang bisa dipilih peserta,” tambahnya.

Kelima tema tersebut adalah:

1.Peluang dan tantangan sektor hulu Migas di Jatim pada masa pandemi covid-19.
2.Menggali potensi hulu migas.
3.Mempromosikan kualitas kesejahteraan rakyat Jatim
Jatim Bangkit, Recovery Sosial Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19.
4.Pengembangan tiga kawasan di Jatim (Gerbangkertasusila, Bromo Tengger Semeru, Selingkar Wilis dan Jalur Lintas Selatan),
5. Peluang dan tantangan
dimensi sosial budaya dalam mempercepat capaian kesejahteraan rakyat Jatim.

” Total hadiah bagi para pemenang sebesar Rp 110 juta,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim mengatakan, total hadiah sebesar Rp110 juta. Pemenang pertama karya tulis dan foto masing-masing memperoleh hadiah sebesar Rp17,5 juta. Pemenang kedua mendapat hadiah Rp13 juta. Pemenang ketiga mendapat hadiah senilai Rp 10 juta. Terakhir pemenang harapan I dan II memperoleh hadiah senilai Rp 5 juta.

“Hadiah diwujudkan dalam bentuk barang bukan uang,” ungkapya.

Terkait persyaratan peserta lomba karya jurnalistik tulis dan foto meliputi:

1.Jurnalis atau wartawan media cetak dan online yang berdomisili di wilayah Jabanusa.

2.Media cetak dan online peserta lomba harus sudah terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers.

3.Setiap peserta hanya bisa mengirimkan maksimal tiga karya tulis atau foto kepada panitia lomba.

4.Karya tulis yang diikutkan lomba harus sudah pernah termuat atau tayang di media masing-masing peserta mulai 1 Januari sampai 16 November 2020.

5.Karya jurnalistik tulis atau foto peserta harus sudah diterima panitia lomba paling lambat pada tanggal 20 November 2020 dan dikirim dalam bentuk fisik rangkap 4 (empat) ke alamat Sekretariat PWI Provinsi Jatim, Jalan Taman Apsari Nomor 15-17 Surabaya.

6.Khusus untuk peserta dari media online, mohon disertakan link bukti karya tulis atau foto yang sudah pernah tayang dan diikutkan lomba. KBID-PWI