KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Gubernur Tak Hadir, DPRD Jatim Batalkan Sidang Paripurna

Suasana sidang paripurna di DPRD Jatim

KAMPUNGBERITA.ID – Hujan interupsi mewarnai sidang paripurna DPRD Jawa Timur, Senin (6/11). Pasalnya, dalam nota wajib dibacakan Kepala Daerah, namun yang hadir hanya Sekdaprov Akhmad Sukardi.

Ini membuat DPRD Jatim mendesak dilakukan penundaan. Interupsi pun lantas bermunculan atas nota penjelasan Gubernur Jatim terhadap Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Jatim 2017-2037, dan perubahan ke-4 atas perda nomor 8 tahun 2013 tentang Penyertaan Modal. Akibatnya paripurna dua agenda dijadwal ulang Rabu (8/10) besok.

“Dalam undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang pembentukan peraturan perundang-undang untuk pengajuan dan pengambilan keputusan harus dihadiri gubernur atau wakil gubernur. Dan di nota penjelasan ini masuk pengajuan. Untuk itu harusnya Gubernur Jatim yang hadir dan membacakan bukan Sekdaprov jatim,” ujar Ketua Fraksi PAN Agus Maimun.

Menurutnya, paripurna tidak bisa dipaksakan untuk diteruskan. Sekalipun dalam hal ini Gubernur Jatim Soekarwo tidak hadir dikarenakan harus mendampingi Presiden Joko Widodo ke Madiun. “Lebih baik dilakukan penundaan, kalau pun dilanjutkan bisa menyalahi aturan,”imbuh Agus.

Ketua Fraksi PKS Yusuf Rohana menambahkan, kehadiran gubernur atau wakil gubernur dalam membacakan usulan raperda sebenarnya sudah ada di tata tertib DPRD Jatim. Tetapi setelah pengesahannya, hal tersebut justru tidak ada. Itu yang membuat perbedaan argumen. “Dalam pembuatan sudah ada di tata tertib itu sudah berdasarkan undang-undang,” kata Yusuf Rohana.

Pasca hujan interupsi tersebut, pimpinan dewan melakukan istirahat sejenak dan merapatkannya. Apakah harus dilanjutkan ataukah dilakukan penundaan. Hasilnya dua agenda paripurna ditunda pada sidang berikutnya. KBID-DAY

Related posts

Protokol Kesehatan Sulit Diterapkan, Dewan Minta Pembukaan Spa dan Panti Pijat Ditunda

RedaksiKBID

Bawaslu Kota Mojokerto Antisipasi Politik Uang Pada Hari Tenang Kampanye

RedaksiKBID

Kerap Gunakan Bom Bondet saat Beraksi, Begal Mobil Dibekuk

RedaksiKBID