KampungBerita.id
Headline Surabaya Teranyar

Hari Ini, Walikota dan PNS Surabaya Bersepeda Angin Menuju Kantor

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini istirahat sejenak saat berangkat ke kantor menggunakan sepeda angin, kemarin

KAMPUNGBERITA.ID – Seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, tiap bulan pada Jumat terakhir, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mewajibkan para PNS untuk mengendarai sepeda angin (pancal,red) saat berangkat ke tempat kerja. Dan, hari ini Jumat (29/9) kegiatan tersebut untuk pertama kalinya digelar.

Sejumlah PNS mengaku sudah menyiapkan sepeda angin jauh-jauh hari untuk melaksanakan imbauan tersebut. Ada yang membeli baru, bahkan ada yang ‘terpaksa’ memakai sepeda angin milik anaknya. ”Tidak apa-apa, toh ini bagus dan sehat,” ujar salah satu PNS.

Bagaimana dengan Walikota?, Walikota perempuan pertama di Surabaya ini pun tak mau ketinggalan. Dengan mengayuh sepeda angin miliknya, dia berangkat dari kawasan Wiyung Surabaya, tepatnya di Taman Pondok Indah menyusuri jalan Gunungsari, berlanjut ke Jl Raya Darmo, Basuki Rahmat, kemudian belok ke Jl Gubernur Suryo dan tiba di Jl Sedap Malam dimana Balaikota Surabaya berada.

M. Fikser, Kabag Humas Pemkot Surabaya menuturkan, Walikota berangkat bersama-sama PNS yang tinggal di kawasan Wiyung dengan memakai sepeda angin. Pada rapat koordinasi terakhir yang dilakukan pada Kamis (28/9/2017), disarankan untuk PNS yang berada di satu kawasan agar menunggu di tempat tertentu dan berangkat bersama sama.

“Untuk yang berada di kawasan timur, bisa berkumpul di MERR dan kemudian mengayuh sepeda bersama menuju Taman Surya. Demikian juga yang ada di Sidoarjo, bisa berkumpul di halaman Kantor Dishub yang ada di Menanggal. Sedangkan yang dari Gresik bisa janjian di Terminal Osowilangun,” ujar M. Fikser.

Walikota berharap dengan kegiatan bersepeda ke kantor sebulan sekali ini tidak hanya menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi gas buang di jalan raya. Tetapi juga akan bermanfaat besar menjaga kesehatan badan untuk semua pegawai Pemkot Surabaya.

Bagaimana bagi yang tidak bisa mengayuh sepeda atau tidak punya sepeda pancal? Untuk yang tidak bisa bersepeda bisa tetap naik angkutan umum seperti biasa sampai pada pemberhentian terdekat di Pemkot Surabaya lalu jalan kaki menuju kantornya.

Menurut M.Fikser, di Taman Surya, Jl. Sedap Malam dan Jl. Jimerto sudah disiapkan parkir khusus sepeda pancal. Satpol PP dan Dishub akan menjaganya dan dijamin aman. Pokoknya semua jenis kendaraan bermesin hari ini dilarang memasuki area kantor Pemkot Surabaya.

“Untuk PNS staf Pemkot yang memiliki agenda rapat rapat di luar hari ini disediakan mobil operasional Pemkot Surabaya. Tidak mungkin kaau rapat keluar harus memakai sepeda onthel , malah tidak efektif,” kata lulusan STPDN asal Serui Papua ini.

Untuk keamanan di jalan raya, Pemkot Surabaya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolrestabes Surabaya Kombes M Iqbal. Selain petugas Polantas juga akan dikerahkan para petugas Dishub di sepanjang jalan terutama di perempatan atau pertigaan.

“Kami yakin bisa melaksanakan kegiatan yang menjadi agenda pertama bu wali ini dengan baik. Sebab seperti pelaksanaan kerja bakti setiap Jumat, terlaksana dengan baik dan dilakukan semua SKPD meski tidak ada sanksi atau paksaan. Ini membangun kesadaran bersama untuk tujuan yang baik,” kata M.Fikser.

Salah satu PNS yang akan bersepeda menuju tempat dinasnya adalah Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Eddy Christijanto. Pria yang juga tinggal di kawasan Wiyung ini mengaku sejak pagi sudah menyiapkan sepedanya dengan mengecek ban, rem dan perlengkapan lainnya.

“Saya akan bersepeda langsung menuju lokasi kerja bakti. Kebetulan lokasi kerja bakti saya dan staf hari ini di Taman Prestasi Jl. Gentengkali. Sambil menikmati udara pagi, nggowes ini sangat menyenangkan,” ujarnya.

Aksi nggowes bersama ini juga mendapat dukungan kalangan DPRD Surabaya. Anugerah Ariadi anggota Komisi D mengaku kegiatan ini sangat positip dan harus didukung. Pria penggemar sepeda pancal ini bahkan juga akan bersepeda menuju kantornya hari ini.

“Kalau bersepeda saya sudah biasa. Nanti saya akan bawa sepeda pancal menuju gedung dewan,” kata politisi PDIP ini. KBID-NAK

Related posts

Terjatuh, Pelatih Anggar Puslatda Jatim Meninggal Dunia

RedaksiKBID

Pemkot Mojokerto Luncurkan Aplikasi Pengaduan ‘Curhat Ning Ita’

RedaksiKBID

Polresta Sidoarjo Resmi Buka Mal Pelayanan Publik

RedaksiKBID