KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Hasil Undian Nomor Urut Capres-Cawapres Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf 1, Prabowo-Sandi 2

Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi menunjukan nomor urut hasil undian di KPU Jakarta, Jumat (21/9) malam

KAMPUNGBERITA.ID – Hasil undian nomor urut capres cawapres Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dapat nomor 1 dan Prabowo-Sandiaga Uno nomor 2. Kedua pasangan Capres-cawapres tampak diantar partai politik pendukung masing-masing menuju KPU.

Sebelumnya, Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 19.25 WIB dengan menaiki mobil Toyota Lexus putih secara bersama-sama.

Prabowo yang duduk di kursi depan, turun terlebih dahulu. Mengenakan pakaian kemeja putih, berkopiah, serta celana panjang krem. Sementara Sandi yang terlihat duduk di kursi belakang, turun kemudian dengan mengenakankemeja biru muda.

Sebelum keduanya masuk ke dalam Gedung KPU, Prabowo-Sandiaga menyempatkan memberi salam kepada awak media yang sudah menunggu kehadirannya.

Sementara, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin menaiki mobil mobil Land Rover bercat hijau saat menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (21/9).

Jokowi tampak mengenakan jaket berwarna merah. Sedangkan Kiai Ma’ruf Amin tampak mengenakan baju warna putih dengan sarung. Sebelum ke KPU, Jokowi-Ma’ruf Amin ke Tugu Proklamasi untuk menemui para pendukungnya.

Saat beranjak ke KPU pun, ratusan relawan Jokowi-Ma’ruf turut mengantar dengan iring-iringan mobil kelap-kelip. Adapun sejumlah relawan yang tampak mengenakan kostum Ironman, Wori Sableng dan sejumlah tokoh-tkoh super hero turut mengantar Jokowi-Ma’ruf Amin menuju KPU.

Setelah pengambilan nomor urut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kesempatan pada kedua paslon untuk memberikan sambutan pertama setelah resmi memiliki nomor urut.

Jokowi dan Maruf yang mendapat nomor urut 1 pun memulai sambutan. Ia memulai sambutannya dengan menyapa Prabowo dan Sandiaga selaku penantang serta pihak-pihak lainnya.

“Sahabat baik saya bapak Prabowo Subianto dan bapak Sandiaga Uno,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat (21/9) malam.

“Kami Jokowi-Maruf mendapatkan nomor 1, satu memang yang diperebutkan adalah RI 1. Pada kesempatan yang baik ini saya ajak kita semuanya untuk menyambut pilpres yang merupakan pesta demokrasi,” ujarnya.

”Oleh sebab itu pada malam yang berbahagia saya mengajak agak pilpres kita isi untuk pendidikan politik yang baik pada masyarakat, marilah konstestasi politik ini kita beradu kontestasi program adu gagagasan, adu ide, adu rekam jejak, adu prestasi, dan saya mengajak kita jauhkan saling fitnah, hina, cemooh dan menjelekkan karena itu bukan etika yang kita anut.

Jangan sampai karena kontestasi politik ini dalam rangka pilpres silaturahmi diantara kita jadi tak baik,” katanya.

Menurutnya, meski berkontestasi dirinya masih bisa bertelepon, dengan Prabowo dengan Sandiaga. ”Karena mereka adalah sahabat2 saya. Mereka sahabat saya sejak lama,” katanya.
KH Maruf Amin yang berada di samping Jokowi pun menutup sambutan mereka dengan memanjatkan doa yang turut di Amin-kan hadirin di KPU.

Setelah usai, sambutan dilanjutkan oleh Prabowo dan Sandiaga yang mendapatkan nomor urut 2. Prabowo pun juga turut menyapa Jokowi dan Maruf.

“Yang saya hormati bapak Jokowi Presiden RI yang juga menjadi calon presiden RI nomor urut 1. Yang saya sayangi dan hormati juga Prof Doktor KH Maruf Amin,” ujarnya pada awal sambutan.

“Saya atas nama pribadi dan Sandiaga dan seluruh partai dan relawan yang mendukung saya mengucapkan terimakasih kepada KPU seluruh Komisioner, Bawaslu, DKPP atas semua penyelenggaraan untuk mempersiapkan dan melaksanakan pemilu 2019,” lanjutnya.

”Sama dengan pak Jokowi saya berharap dan menyerukan seluruh jajaran rakyat Indonesia mari kita kita laksanan pemilu dengan sejuk, damai, untuk mencari yang terbaik bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan masing-masing. Kita harus merasakan kita ini keluarga besar NKRI, karena itu kita harus menyikapi persoalan bangsa sebagai persoalan keluarga besar kita,” kata Prabowo masih dalam sambutanya.
Dia berharap, semua pihak bersikap tenang dan tidak emosiaonal, dan menahan diri.

”Marilah kita menyongsong proses demkrasi dengan tenang, semua pihak melakukan tugasnya masing-masing,” ujar Prabowo.

Setelah Prabowo mengakhiri pidato, Sandiaga sedikit menambahkan. “Singkat saja dari saya sebelum acara dimulai tadi kawan saya Ipang Wahid tergopoh-gopoh, Pak Presiden menerima Prabowo dan saya di bawah. Ternyata di bawah itu kita membicarakan apakan nomor urut 1 dan 2 ini akan menimbulakn komplikasi karena ada partai juga memiliki nomor sama, tapi Pak Prabowo dan Pak Jokowi dengan santainya menambahkan menambahkan angka nol (0) di depan nomor urut, gak sampai satu menit itu menunjukkan kita bersahabat,” ujarnya.

Setelah itu, Sandiaga pun mengatakan persoalan ekonomi dalam sambutannya.

“Kita ingin pemilu yang mempersatukan, pemilu yang menjung tinggi keberagaman, persatuan kita, sehingga percepatan pembangunan dengan membangun ekonomi khususnya lap kerja dan biaya hidup bisa kita lakukan,” tambah Sandiaga. KBID-NAK

Related posts

Komisi A Minta Walikota Isi Kekosongan Jabatan agar Kinerja Dinas Maksimal

RedaksiKBID

Hari Musik Nasional, Komunitas Jati Suara Indonesia Ziarah ke Makam Pencipta Lagu Indonesia Raya

RedaksiKBID

Pimpinan Beserta Anggota DPRD Surabaya Mengucapkan Selamat Hari Natal

RedaksiKBID