KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Kasdam V/Brawijaya Dampingi Ketua Satgas Rakor Penanganan PMK di Jatim

Rapat koordinasi penanganan penyakit mulut dan kuku hewan ternak di Jatim.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Piek Budyakto mewakili Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto mendampingi Ketua Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kulit (PMK) bagi hewan ternak, Letjen TNI Suharyanto saat melakukan rapat koordinasi (rakor) di Jatim, Sabtu, (25/6/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Letjen TNI Suharyanto yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ingin memastikan kesiapsiagaan pemerintah daerah baik ditingkat provinsi, maupun kabupaten/kota dan seluruh jajaran TNI-Polri dalam melakukan penanganan PMK.

“PMK saat ini sedang menjadi fokus perhatian nasional. Sebab, saat ini sudah ada 19 dari 34 provinsi terkena wabah PMK. Sehingga diputuskan untuk dilaksanakan penanganan secara sinergi, serius, dan dilakukan secara khusus,” tegas Letjen TNI Suharyanto saat berkunjung ke Pusat Veteriner Farma di Jalan A. Yani Surabaya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, PMK tidak hanya berdampak pada hewan ternak saja, melainkan juga manusia, jika wabah tersebut tidak ditangani secara serius.

“Dampak ekonomi dan politiknya juga sangat besar. Sehingga diperlukan adanya satgas yang melibatkan semua unsur,” terang dia.

Letjen TNI Suharyanto juga berbagi pengalaman saat menjadi Dansatgas Penanggulangan Covid-19. Meski penanggulangan Covid-19 sudah tertangani dengan baik di Jatim, namun saat ini wabah mulai merambah hewan ternak.

“Ironisnya, dulu berhasil di sini (Jatim), dan sekarang di Jatim terbanyak. Hewan ternaknya terbanyak, dan yang terjangkit wabah juga terbanyak,” tegas dia.

Meski demikian, pihaknya berkeyakinan jika wabah PMK tersebut dapat teratasi dengan baik. “Ini tantangan kita bersama terutama Pusvetma untuk menyelesaikan penanganan wabah PMK,”pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Ribut saat Nonton Orkes Dangdut, Kaki Pemuda Pasuraun Hancur Dibondet

RedaksiKBID

Jaga Keselamatan Penumpang Saat Mudik, Crew Bus di Terminal Purabaya Periksa Kesehatan

RedaksiKBID

Pemkab Bojonegoro Gelar Rapat Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Akan Beri Layanan Optimal 

DJUPRIANTO