KampungBerita.id
Kampung Gaya Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

KKN di Banyuwangi, Mahasiswa Unair Paparkan Program BBK ke Perangkat Desa Kedayunan

Mahasiswa Unair memaparkan Program Belajar Bersama Komunitas (BBK) ke perangkat desa Kedayunan.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, 10 Juli hingga 5 Agustus 2022, memaparkan program Belajar Bersama Komunitas (BBK) ke-2 ke perangkat desa setempat di Balai Desa Kedayunan, Rabu (12/7/2023).

Kedatangan mahasiswa Unair ini memang disambut positif dan tangan terbuka oleh perangkat Desa Kedayunan maupun warga setempat.

“Begitu datang ke lokasi penempatan kami langsung koordinasi dengan aparat desa guna memaparkan Program KKN BBK ke-2 ini. Alhamdulillah, pemerintah desa memfasilitasi kami dengan menyediakan tempat (balai desa), kursi, peralatan sound system dan lain sebagainya, ” ujar salah seorang mahasiswi, Dyah Ardhanie Putri Efendhi saat dikonfirmasi Kamis (13/7/2023).

Dia mengatakan, kelompoknya
yang beranggotakan sembilan orang, yakni Nira Ayu Puspita (Akuntansi), Sabrina Araminta Putri (Ilmu Komunikasi), Mochammad Ardian Fariz (Ilmu Komunikasi), Diah Fatikasari Ramadina Firdaus (Biologi), Sufyan Ats Tsauri (Statistika), Asti Alya Rahmahdia (Kesehatan Masyarakat), Seselia Frida Emeranda (Psikologi), Dyah Ardhanie Putri Efendhi (Sastra Indonesia), dan Moch Fachri (Studi Kejepangan), dengan antusias memaparkan empat program kerja yang jadi fokus yakni di bidang kesehatan, bidang lingkungan, bidang pendidikan, dan bidang pemberdayaan masyarakat (ekonomi).

Ardha, panggilan Dyah Ardhanie Putri, berharap melalui KKN ini, pihaknya bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi desa ini atau lingkungan masyarakat.

“Ilmu yang kita pelajari selama kuliah bisa kita terapkan di sini. Sesuai arahan saat pembekalan lalu, kami ingin memberikan dampak yang besar bagi kemajuan desa ini. Kami siap bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakat untuk membantu memajukan desa ini,” tandas dia.

Ardha menambahkan, jika kelompoknya juga sudah menemui ketua RT untuk kulo nuwun dan berkenalan, sekaligus menyampaikan jika sedang melakukan kegiatan KKN di wilayah tersebut.

“Kami senang dapat sambutan yang ramah dari Pak RT maupun warga. Apalagi di sini pemandangannya juga cukup indah,” ujar Ardha yang aktif di organisasi kampus, seperti BEM Universitas dan UKM Tapak Suci.

Seperti diketahui, sebelum berangkat menuju lokasi penempatan, ribuan mahasiswa Unair mendapat pembekalan Belajar Bersama Komunitas (BBK). Pembekalan ini untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. KBID-BE

Related posts

Selesaikan Program Kerja KKN, Mahasiswa Unair Pamitan, Kepala Desa Kedayunan: Saya Doakan Adik-Adik Dimudahkan dalam Perkuliahan 

RedaksiKBID

Ribuan Massa Hadiri Deklarasi Nyono-Subaidi di Alun-alun Jombang

RedaksiKBID

Dinilai Hambat Perekonomian, Perwali Nomor 33 Diminta Dicabut

RedaksiKBID