KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Kotak Amal Musala di Manukan Wetan jadi Langganan Maling

warga setempat menunjukkan kotak amal Musala Thoriqul Jannah yang dibobol maling.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Kotak amal Musala Thoriqul Jannah yang di Jalan Sikatan II, no 39, Manukan Wetan, Tandes, rupanya menjadi langganan aksi pencurian.

Untuk ketiga kalinya, kotak amal di musala tersebut dibobol maling pada Rabu, (4/11) dini hari. Akibat aksi tersebut, uang yang berada di dalamnya raib dibawa pelaku.

Peristiwa pencurian itu baru diketahui Umi Khalsum (72) warga RT 02/RW 01 saat hendak menjalankan ibadah shalat subuh.

“Saya kaget. Gembok kotak amal hilang. Dan uangnya sudah tidak ada, hanya tersisa uang koin yang tercecer di bawa kotak amal,” kata Umi warga sekitar musala, Jumat (6/11) siang.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Suwaji (58) wakil takmir Musala Thoriqul Jannah mengaku pembobolan kotak amal sampai saat ini sudah terhitung sebanyak tiga kali.

“Tahun lalu kemalingan dua kali. Dan yang terbaru, tahun ini dibobol lagi,” terang Suwaji yang rumahnya persis di samping musala.

Diceritakan Suwaji kotak amal yang berada di luar sisi Barat yang berada di akses jalan alternatif tersebut rencanannya diambil setelah dua minggu. Sayangnya, belum genap dua pekan, uang di dalam kotak amal sudah digasak maling. Atas peristiwa tersebut, kerugian mencapai Rp 400 ribu.

“Kotak amal yang dibobol yang baru ini letaknya di sekitar jalan. Sedangkan, yang sebelumnya terletak di dalam musala,” jelasnya.

Disinggung apakah ada CCTV di musala tersebut, Suwaji mengatakan, di musala atau di sekitar tempat kejadian tidak ada kamera pengintainya. Warga pula tidak ada yang mengetahui ciri-ciri pelakunya.

“Rencananya akan dipasang CCTV. Tapi dananya belum ada,” imbuhnya.

Kendati demikian, peristiwa tersebut sudah dilaporkan ke Bhabinkamtibmas. Warga mengharap agar pihak kepolisian mengusut pelakunya.

“Semoga segera terungkap malingnya,” imbuhnhya.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Tandes Ipda Gogot Purwanto membenarkan adannya pencurian kotak amal di wilayah hukumnya. Namun untuk laporan polisi (LP), pihaknya sampai kemarin belum menerimanya. Namun Reskrim Polsek Tandes bergerak cepat untuk menyelidik siapa dibalik peristiwa trsebut.

“Kami terus memburu pelakunya. Semoga segera tertangkap,” kata Ipda Gatot Purwanto.

Ipda Gatot juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut menjaga kampungnya masing-masing. Ini tidak lain untuk mengantisipasi kejadian serupa. KBID-FIN

Related posts

Optimis, Tuban Target Masuk 10 Besar pada Porprov Jatim 2019

RedaksiKBID

Sia-sia, Proyek Jembatan Bambu Bernilai Rp 1,2 Miliar Tak Layak Pakai

RedaksiKBID

Tabrak ‘Pantat’ Dump Truk, Satu Penumpang Tewas dan Satu Penumpang Luka-Luka

RedaksiKBID