KPU Surabaya Ikuti Simulasi Penggunaan Aplikasi Sirekap secara Daring

Komisooner KPU Surabaya saat mengikuti simulasi penggunaan aplikasi Sirekap secara daring.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – KPU Kota Surabaya mengikuti hari pertama simulasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang diselenggarakan oleh KPU RI, Jumat (23/10). Simulasi ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.

Bertempat di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87, kegiatan ini diikuti oleh jajaran Komisioner KPU Kota Surabaya, Kasubag, dan staf bagian teknis KPU Kota Surabaya.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno mengatakan, ada beberapa materi yang disampaikan oleh KPU RI mengenai proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara yang disertai simulasi penggunaan aplikasi Sirekap.

“Jadi sirekap ini harapannya adalah mengeliminir atau bahkan mewujudkan nol kesalahan atas pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara saat pemilihan nantinya, dimana C Hasil-KWK plano yang ada itu berlapis,” jelasnya.

Rencananya, KPU Kota Surabaya akan melakukan simulasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi, serta penggunaan aplikasi Sirekap dengan melibatkan staf KPU Kota Surabaya pada hari Sabtu (24/10).

Setelah itu, nantinya KPU Kota Surabaya juga akan meneruskan instruksi dari KPU RI kepada PPK, PPS, hingga KPPS. Harapannya, agar penyelenggara pemilihan hingga tingkat bawah dapat lebih familier dengan sistem baru ini. KBID-DJI