Kunjungi Pabrik Masker, Khofifah Pastikan Ketersediaan Masker Aman

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pabrik masker PT Jayamas Medica Industri di ecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa lakukan kunjungan ke pabrik masker PT Jayamas Medica Industri yang berada di Jalan Raya Ahmad Yani di Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu 18/03/20.

Dalam kunjungannya, orang nomer satu di Jawa Timur memastikan persediaan masker dan Alat Pelindung Diri (APD), di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) masih tersedia. Di pabrik tersebut, Khofifah beserta rombongan melihat langsung proses pembuatan masker dan APD.

Selain sebagai produsen masker dan APD, pabrik dengan karyawan mayoritas perempuan tersebut juga memproduksi hand sanitizer, serta cairan antiseptik juga. Dalam sehari pabrik tersebut bisa memproduksi masker sebanyak 250 ribu buah dan baju APD sebanyak 1.000 dalam setiap harinya.

“Kami ajak teman-teman ke sini juga untuk memastikan bahwa barang itu ada. Alat pelindung diri itu ada barangnya, masker juga ada barangnya, hand sanitizer juga ada barangnya,” ucap Khofifah saat diwawancarai di lokasi pabrik.

Tak hanya memastikan ketersediaan barang, mantan Menteri Sosial ini juga meminta kuota khusus kepada pabrik untuk membeli masker dan APD tersebut. selanjutnya akan diberikan kepada para petugas medis yang sedang menangani virus corona di Jatim.

“Saya akan meminta kuota untuk membeli secara khusus, paling tidak untuk 14 hari ke depan dimulai besok. Supaya masyarakat jawa timur, terutama tim dari medical dokter, kemudian paramedik, dan yang memberikan pelayan kesehatan ke masyarakat biar tercukupi,” tegasnya.

Banyaknya produksi masker dan APD ini disimpulkan Khofifah bahwa ketersediaan untuk Jawa Timur dipastikan ada dan tersedia. Pihaknya juga akan menyampaikan hal ini kepada pemerintah pusat. Ia menilai bahwa kebutuhan masker dan APD ini juga diperlukan oleh daerah lain di luar Jawa Timur.

“Kita akan mereport kepada pemerintah pusat bahwa apa yang kita dapatkan kuota dari produksi pabrik ini supaya terkonfirmasi. Karena tentu yang butuh bukan hanya jawa timur, tapi juga saudara-saudara kita di berbagai daerah juga butuh,” katanya. KBID-JBG