KampungBerita.id
Kampung Raya Lakone Surabaya Teranyar

Malam Tirakatan di Kampung, Wawali Armuji Minta Ketua RT-RW Sampaikan Pesan Bung Karno

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Malam tirakatan 17 Agustus menjadi rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang banyak dilakukan masyarakat.

Acara yang umumnya digelar pada 16 Agustus malam ini, menjadi ungkapan syukur sekaligus refleksi kemerdekaan yang telah diperoleh Bangsa Indonesia.

Adapun tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Slogan ini merupakan tema besar yang menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia dalam bersinergi merayakan hari kemerdekaan.

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mengajak agar para tokoh masyarakat , ketua RW dan ketua RT yang tersebar di 154 kelurahan dan 31 kecamatan se-Surabaya agar menyampaikan pesan-pesan Bung Karno dalam malam tirakatan di kampung.

”Selain berdoa dan memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, para ketua RT dan RW setempat bisa menyampaikan pesan Bung Karno maupun pahlawan nasional kepada warga. Sehingga generasi penerus dapat mengisi serta meneruskan kemerdekaan dengan hal-hal positif,”ujar Armuji.

Dia mencontohkan pesan-pesan Bung Karno, di antaranya “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat” dan “Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya”.

”Pesan-pesan proklamator menjadi renungan dan refleksi bagi kita semua agar dalam malam tasyakuran itu mengandung substansi sehingga di kampung- kampung pun mengetahui apa yang menjadi kewajiban sebagai seorang putra bangsa,”ungkap Armuji.

Dia menambahkan, agar kegiatan malam tasyakuran atau tirakatan juga melibatkan generasi muda sehingga mampu mewarisi tradisi turun menurun serta semangat gotong-royong sebagai watak khas warga Surabaya dapat terjaga.KBID-BE

Related posts

Ikut Kejuaraan di Palu, Atlet Paralayang Kota Batu Ikut Jadi Korban Gempa dan Tsunami

RedaksiKBID

Meski Hujan, Ribuan Warga Tetap Hadiri Salawat Bareng Habib Syeh di Kota Mojokerto

RedaksiKBID

Kapolres Ngawi Imbau Warga Tanggap Bencana di Musim Penghujan

RedaksiKBID