PDI-P Surabaya Kirimkan Hasil Survei Bacawali dan Bacawawali ke DPP

Baktiono.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – DPC PDI-P Surabaya dan DPD PDI-P Jatim telah menyampaikan hasil survei Bakal Calon Wali Kota (Bacawali) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota (Bacawawali) Surabaya ke DPP. Siapa pasangan calon PDI-P yang bakal mendapat rekom untuk bertarung di Pilkada Surabaya 2020, kabarnya akan diumumkan pada akhir Juni atau awal Juli.

Sekretaris DPC PDI-P Surabaya, Baktiono ketika dikonfirmasi membenarkan itu. “Iya benar DPC dan DPD sudah mengirimkan hasil survei para calon, baik bacawali maupun bacawawali,”ujar dia.

Menurut Baktiono yang juga Ketua Komisi C DPRD Surabaya, hasil survei itu dan hasil kajian baik dari DPD PDI-P Jatim disampaikan ke DPP untuk referensi dan dijadikan bahan pertimbangan.

Meski demikian, itu bukan satu-satunya. Karena DPP juga memiliki tim survei yang ditugaskan dan diturunkan di seluruh kabupaten/kota di Jatim, termasuk kota Surabaya, yang nantinya akan dipadukan dan juga dijadikan referensi keputusan yang terbaik untuk Kota Surabaya.

“Tapi dalam mekanisme atau peraturan partai atau anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) PDI-P, bahwa Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri dan DPP mempunyai hak prerogatif untuk merekomendasi menugaskan kader partainya dalam pemilihan bakal calon kepala daerah,” ungkap Baktiono.

Ditanya berapa nama yang dikirim ke DPP, Baktiono menjelaskan untuk DPC dan DPD mengirimkan 19 nama yang telah mengikuti penjaringan di DPC dan DPD. Hanya saja, dia enggan menyebutkan nama-nama tersebut secara rinci.

“Itu yang hanya dari DPC dan DPD. Kalau calon yang daftar di DPP kami tidak tahu. Ya, sabar saja nanti pasti diumumkan DPP, “tandas dia. KBID-BE