Persaingan Bakal Sengit, MA-Mujiaman Vs Er-Ji Sama-sama Didukung 8 Parpol

Koalisi parpol non parlemen memberikan dukungan untuk pasangan Eri-Armuji.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – PDI-P yang selama ini sendirian, tiba-tiba mendapat tambahan amunisi penting menjelang pendaftaran paslon ke KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan enam partai politik yang tak punya kursi di DPRD Surabaya (nonparlemen).memastikan dukungannya ke pasangan Eri Cahyadi- Armuji pada Pilkada Surabaya 2020.

Dengan demikian, persaingan pasangan Er-Ji dengan pasangan Machfud Arifin (MA)-Mujiaman bakal sengit. Lantaran pasangan Er-Ji didukung delapan parpol, yakni PDI-P (15 kursi), PSI (4 kursi) dan enam parpol nonparlemen ( Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Perindo, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda) yang tergabung dalam Koalisi Membangun Surabaya (KMS).

Sedangkan pasangan Machfud Arifin (MA)- Mujiaman juga didukung delapan parpol besar, yakni PKB (5 kursi), Partai Gerindra (5 kursi), Partai Golkar (5 kursi), PKS (5 kursi), Partai Demokrat (4 kursi), PAN (3 kursi), Partai NasDem (3 kursi), dan PPP (1kursi).

Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya Edi Rahmat mengatakan, sebelum memutuskan mendukung Er-Ji, KMS sudah menjajaki dan melakukan komunikasi dua arah kepada dua pasangan calon yakni, Eri Cahyadi-Armuji dan MA-Mujiaman.

“Secara objektif kami harus memutuskan dan menilai satu per satu paslon. Yang akhirnya nama Eri Cahyadi-Armuji adalah sosok birokrat yang handal untuk meneruskan perjuangan Bu Risma membangun Surabaya lebih baik,” kata Edi Rahmat saat dikonfirmasi di KPU Kota Surabaya, Jumat (4/9/2020).

Edi Rahmat menyatakan nama politisi senior Armuji merupakan tokoh politik cukup lama di Surabaya.
“Saya rasa komposisi ini menjadi satu kesatuan yang ideal. Jadi bukan hanya cinta, tetapi menjadi kasih sayang yang utuh dan bulat,” tandas mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 ini.

Apakah ada mahar dalam dukungan Er-Ji, mengingat keputusan gabung PDI-P baru dilakukan beberapa hari menjelang pendaftaran ke KPU, Jumat (4/9/2020), Edi Rahmat dengan tegas tidak ada mahar sepeserpun. “Kami ikhlas memberikan dukungan kepada Eri Cahyadi-Armuji. Yang penting kedua belah pihak bisa membangun Surabaya. Satu visi dan misi dengan KMS mengedepankan kepentingan masyarakat Surabaya. Ke depan bagaimana kesejahteraan ini bisa dirasakan masyarakat kecil di Surabaya,” tandas dia.

Menurut dia, pertimbangan KMS mendukung Er-Ji berdasarkan figur yang tepat yang di dukung.
“Selain itu, PDI-P cukup solid. Aplagi, dalam tiga dekade terakhir massanya di akar rumput tidak pernah turun 20 persen di Surabaya,” ungkap dia.

Ditanya berapa suara yang bisa disumbangkan KMS untuk pasangan Er-Ji? Edi Rahmat menegaskan total suara KMS di pileg 2019 sekitar 109.000. ” Tapi kali ini kemungkinan bisa meningkat lagi, mengingat ini pilkada, bukan pileg,” pungkas dia. KBID-BE