Pilkada Surabaya, Hanura akan Dukung Calon yang Berpotensi Menang

Edki Rahmat.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Meski dalam pemilu 2019 suara Partai Hanura anjlok, bahkan tidak ada satu pun caleg yang lolos ke DPRD Surabaya, namun saat Pilkada Surabaya 2020, Partai Hanura tetap akan berpartisipasi.

Hanya saja sampai saat ini Partai Hanura belum menentukan arah politiknya, apakah mendukung calon PDI-P atau Machfud Arifin (MA) yang diusung delapan parpol.

Ketua DPC Partai Hanura Surabaya, Edi Rahmat ketika dikonfirmasi Jumat (3/7) menyatakan, partainya memang belum menentukan dukungan kepada para calon wali kota.
” Sabar ya, kami akan bersikap setelah semua bakal calon wali kota (bacawali) dan pasangannya yang ikut kontestasi di pilkada mendapat rekom dari DPP masing-masing partai pengusungnya, ” tegas dia.

Lebih jauh, mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 ini menandaskan, dalam pilkada nanti Partai Hanura tetap memiliki andil meski porsinya tidak terlalu besar. Mengingat perolehan suara Partai Hanuradi Pemilu 2019 tergolong kecil.

Ditanya Partai Hanura akan mendukung bacawali dari PDI-P atau Machfud Arifin yang diusung PKB, Gerindra, Golkar, PAN, PPP, Demokrat, NasDem, dan PKS? Edi Rahmat menegaskan, partainya akan mendukung bacawali yang memiliki potensi menang.

“Terus terang, meski Partai Hanura hanya bisa memberikan dukungan psikologis, tapi tetap harus hati-hati dalam memberikan arah dukungan, ” tandas Edi Rahmat.

Apa sudah ada yang mencoba merangkul Partai Hanura, baik dari PDI-P maupun dari kubu MA? Edi Rahmat menuturkan, secara resmi mang belum ada yang mengajak Partai Hanura bergabung.” Tapi secara tidak resmi kedua kubu sudah ada yang sonding. Termasuk dari calon independen,” pungkas dia. KBID-BE