KampungBerita.id
Headline Surabaya Teranyar

Sambut HUT Surabaya, Lepasliarkan 724 Ekor Kepiting Bakau

Suasana pelepasan kepiting

Surabaya, cakrawalanews.co – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Balai Karantina Ikan dan Penggalian Mutu (KIPM) resmi melepasliarkan ratusan ekor kepiting bakau di sekitar perairan Mangrove Wonorejo (3/5/17), Kecamatan Rungkut Surabaya. Jumlah kepiting bakau yang dilepasliarkan sesuai dengan usia Kota Surabaya yakni 724.

“Alasan kami melepasliarkan kepiting sejumlah 724 ekor, disesuaikan dengan usia Kota Surabaya. Selain itu kami juga melaksanakan perintah dari peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 56 Tahun 2016 agar membudidayakan kepiting di bawah 200 gram atau yang berukuran 15 cm,” terang Joestamadji.

Langkah ke depan, dari 188 lahan konservasi yang dimiliki pemkot rencanya akan diusulkan menjadi Hutan Raya Mangrove. “Jadi kalau sudah menjadi hutan raya mangrove diharapkan kepiting-kepiting ini dapat berkembangbiak secara baik,” ungkap Joes.

Diharapkan, lanjut Joestamadji keberadaan kepiting yang sudah dilepasliarkan di sungai atau tambak, nantinya mampu dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. “Jadi kalau sudah bertumbuh kembang sesuai dengan ukuran maka kepiting-kepiting ini boleh ditangkap kemudian dijualbelikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Balai KIPM Kelas Satu Surabaya, Putu Sumardiana berharap setelah melepasliarkan kepiting populasinya bertambah banyak kemudian mendatangkan manfaat atau keuntungan bagi masyarakat surabaya.

“Keuntunganya mudah di dapat dan nilai jual kepiting sangat menggiurkan, ini akan meningkatkan perekonomian warga,” ujar Putu.

Lebih lanjut, Putu bersama pihak balai karantina berjanji akan terus mendukung pembudidayaan kepiting di MIC. “Meski secara tertulis belum mengadakan MOU, kami berkomitmen setiap kali ada penangkapan kepiting berukuran undersize kita akan melepasnya di MIC,” tutupnya.

Related posts

Fasum Perumahan Dijual YKP, Warga Diminta Ajukan Gugatan

RedaksiKBID

Bangkai KM Santika Nusantara Ditemukan Mengapung di Pulau Bawean

RedaksiKBID

PPKM Darurat Diperpanjang, PN Surabaya Perpanjang Lockdown Pelayanan Terbatas

RedaksiKBID