KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Selain jadi Korban PHK, Perempuan Justru Lebih Berdaya secara Ekonomi di Masa Pandemi

KAMPUNGBERITA.ID – International Women’s Day (IWD) Kota Surabaya memperingati Hari Perempuan Internasional dengan mengadakan seminar dan webinar “Puan Bangkit Hadapi Resolusi Pasca Pandemi”, Teras Belakang Rumah, Rungkut Alang-Alang, Minggu (7/3).

Seminar yang juga diikuti oleh sekitar 160 partisipan secara daring (webinar) ini, memfokuskan pada permasalahan perempuan yang ditemukan selama pandemi dan juga solusi yang bisa ditawarkan untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Wiwik Afifah, salah seorang pembicara di seminar ini, mengatakan bahwa, di bidang ekonomi saja, banyak perempuan yang di PHK akibat pandemi.

“Perempuan sering kali hanya dianggap sebagai ‘pencari nafkah tambahan’ dan kemampuannya tidak dihargai di tempat kerja, sehingga menjadi sasaran empuk PHK,” ujarnya.

“Pandemi juga memunculkan temuan positif; perempuan juga mulai berdaya,” imbuhnya.

Temuan tersebut ialah adanya beberapa kelompok perempuan yang mulai menanam sendiri bahan makanan untuk keluarga mereka.

Pemateri lainnya, Dr. Pinky Saptandari dosen kajian gender FISIP Unair mengatakan bahwa, menjadi diri yang berdaulat membutuhkan otonomi.

“Diri, khususnya perempuan, perlu untuk memiliki otonomi keuangan, otonomi mobilitas, dan otonomi pengambilan keputusan. Jika otonomi telah dimiliki, maka menjadi diri yang bebas dan berdaulat dapat dicapai,” jelasnya.KBID-BE-DJI

Related posts

Cukur Brunei 5-0 di Kualifikasi Piala AFF U-19, Timnas U-19 Diminta tetap Berbenah

RedaksiKBID

Komisi C DPRD Surabaya Minta Masyarakiat Ikut Memamtau Proyek Sarana dan Prasarana

RedaksiKBID

Komisi D Minta Pemkot Surabaya Sosialisasikan Santunan Kematian Akibat Covid-19

RedaksiKBID