KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Sempat Ditahan di Hongkong, Cak Percil dan Cak Yudho Pulang ke Indonesia

Cak Yudho disambut kerabat dan teman-teman sepulang dari Hongkong

KAMPUNGBERITA.ID – Kebahagiaan tersendiri bagi dua pelawak asal Jatim, Yudho Prasetyo (Cak Yudho) dan Deni Afriandi (Cak Percil) bertemu keluarganya, pasca ditahan di Hongkong. Mereka menahan rindu menginjak kakinya di Indonesia, khususnya bertemu dengan keluarganya.

Keduanya disambut dengan cara berbeda. Salah satunya, Cak Yudho. Tiba di rumahnya, Dusun Jurug, Desa Dumplengan Kecamatan Pitu, keluarga menyambutnya dengan ritual adat Jawa jenang sengkolo.

“Alhamdulilah sudah sampai rumah kumpul sama anak istri. Ini kita persiapan ritual adat Jawa dengan selamatan jenang sengkolo yang dibuat ibuku sendiri,” jelas Cak Yudho di rumahnya, Jumat (9/3).

Dalam ritual selamatan terdapat nasi tumpeng lengkap dengan lauk sayuran urap dan ayam panggang utuh satu ekor. Yang tak kalah penting melengkapi nasi tumpeng, ada tiga macam sajian jenang atau bubur beras.

“Yang tak kalah penting itu tiga macam jenang beras atau bubur, yakni jenang beras putih, jenang merah rasa gula merah dan jenang sengkolo. Jenang sengkolo ini merupakan jenang putih yang di atasnya ditambahkan jenang merah,” saut Sasmito, kakak Yudho yang duduk bersebelahan.

Ritual jenang sengkolo ini dimaksudkan untuk membuang sial, agar tidak terulang kembali dalam istilah orang Jawa. Pasalnya baru pertama ini pelawak Cak Yudho terseret kasus kesalahan visa.

“Ini lagi buat masakan untuk ritual selamatan buang sengkolo atau kesialan agar tidak terulang lagi,” jelas Supiah (63) ibu Yudho sambil memasak jenang merah atau bubur beras yang diberi gula merah.
Sembari menahan air matanya, ibu Yudho berharap anaknya tidak akan terkena masalah kembali. Sebelumnya Supiah mengira anaknya terlibat narkoba.

Pelawak Cak Yudho tiba di Ngawi sekitar saat salat Subuh pukul 04.00 WIB. Cak Yudho diantar penggemarnya dari komunitas pecinta seni Blitar. Kedatangan Cak Yudho disambut gembira istri dan ke empat anaknya.

“Alhamdulilah senang mas sudah pulang setelah 35 hari berpisah,” tutur Wariani, istri Yudho yang duduk di sebelahnya. Teman dan tetangganya mulai berdatangan memberikan ucapan selamat atas kebebasan Cak Yudho.KBID-NGW

Related posts

Parpol Pengusung MA Tak Anggap Enteng Potensi Calon Independen

RedaksiKBID

Lawan Covid-19, Kelurahan Sidotopo Disiapkan Jadi Kampung Tangguh

RedaksiKBID

Pasar Tradisional Terancam, Pemkot Madiun Tangguhkan Izin Toko Modern

RedaksiKBID