KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Terbongkar, Pil Koplo Dalam Bumbu Pecel Disusupkan ke Medaeng

Tiga narapidana (warga binaan) diamankan lantaran meracik pil koplo ke dalam bumu pecel.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Rutan Kelas I Surabaya (Medaeng) berhasil membongkar sindikat penyelundupan psikotropika ke dalam rutan. Obat yang membuat halu itu dilebur dengan bumbu pecel sehingga tak kasat mata.

Terbongkarnya modus baru dalam penyelundupan narkotika ke dalam lapas/ rutan ini berawal dari informasi dari seorang warga binaan. Sindikat yang melibatkan tiga orang tahanan itu berhasil dibongkar kemarin sore (10/2) atau sebelum barang haram itu diedarkan.

Plt. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Medaeng, Prayogo Mubarak beserta tim melakukan pengecekan blok hunian. Saat itu ada informasi intelijen bahwa di dalam blok C ada tiga warga binaan yang melakukan kegiatan mencurigakan.

“Saat dicek, ternyata ketiga warga binaan yaitu MAKR (24), AC (25), MT (26) sedang membuat bola-bola dari bumbu pecel. Karena curiga, petugas lalu menyita bola-bola bumbu pecel itu,” ujar Prayogo, Kamis, (11/2/2021).

Secara kasat mata, barang yang dititipkan melalui layanan penitipan barang drive thru memang terlihat seperti bumbu pecel pada umumnya. Namun setelah dilakukan pemeriksaan mendalam kepada ketiga tahanan itu, baru diketahui jika paket bumbu pecel itu sudah bercampur pil koplo.

“Ini adalah upaya pertama yang dilakukannya. Ketiganya mengaku baru coba-coba dan membeli paket bumbu pecel bercampur pil koplo seharga Rp700 ribu dari seorang pengedar di luar rutan,” terang Kepala Rutan Medaeng, Wahyu Hendrajati Setyo Nugroho.

Selanjutnya, pihak Rutan Medaeng langsung berkoordinasi dengan Polsek Waru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ketiganya juga sudah ditempatkan di sel khusus sebagai bentuk hukuman tambahan. KBID-TUR

Related posts

Tambah 4 Unit, Bus Suroboyo Kini Layani Rute Unesa-ITS

RedaksiKBID

Pilgub Jatim, PKB Ajak Partai Lain Dukung Gus Ipul-Azwar Anas

RedaksiKBID

Jadi Sorotan, Polri Sebut RPG Milik Brimob Barang Lama

RedaksiKBID