KampungBerita.id
Kampung Raya Olahraga Surabaya Teranyar

TPA Benowo Ditutup Geomembran, Pemkot Surabaya Jamin Penyelenggaraan Piala AFC U-20 di Stadion GBT Tak Ada Bau Sampah

TPA Benowo ditutup geomembran sehingga saat penyelenggaraan Piala AFC -U-20 pada 14-18 September 2022 tak ada bau sampah di Stadion GBT.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Pemkot Surabaya mengklaim bau sampah di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sudah berkurang dan hampir tidak ada menjelang bergulirnya babak Kualifikasi Grup F Piala AFC U-20, 14-18 September 2022.

Pemkot Surabaya bersama pengelola sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo telah melakukan berbagai upaya untuk mereduksi bau tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan, pihaknya telah menerapkan sejumlah metode manajemen pengelolaan sampah di TPA Benowo agar tak menimbulkan bau tidak sedap di sana.

“Pemkot berkomitmen agar GBT tidak bau. Jadi, soal ini bukan diusahakan lagi, tapi harus hilang baunya. Terutama pada saat pertandingan Kualifikasi Grup F Piala AFC U-20 berlangsung,” kata Agus Hebi Sabtu (3/9/2022).

Sejumlah metode itu, jelas Hebi, mulai dari penyemprotan efektif mikro organisme EM6. Menurut dia, mikroorganisme tersebut bukan merupakan zat kimia, melainkan organik yang bisa menghilangkan bau sampah.

Jadi, tidak hanya melakukan penyemprotan EM6, pemkot juga menerapkan treatment dengan menutup seluruh TPA Benowo menggunakan geomembran. Penutupan ini sudah 100 persen.

Selain itu, sejumlah langkah lain juga dilakukan pemkot. Antara lain, membangun buffer zone atau kawasan penyangga TPA Benowo. “Bentuk buffer zone ini berkonsep seperti hutan yang mengelilingi TPA Benowo,” ungkap dia.

Konsep buffer zone tersebut, kata Hebi, kini sedang dikerjakan Dinas Lingkungan Hidup. Penerapannya sendiri harus dibangun dengan jarak 500 meter dari tempat TPA.

Saat dibangun buffer zone nanti, lokasi TPA akan dikelilingi dengan berbagai jenis tanaman.
“Kalau buffer zone memang terkait tanaman, mungkin akan tampak setelah dua tahun setelah ditanam,”tutur Hebi.

Dengan persiapan yang cukup ber-progres itu, lanjut Hebi, Pemkot Surabaya menjamin penyelenggaraan Kualifikasi  Grup F Piala AFC U-20 di Stadion GBT bisa berlangsung nyaman.

“Sudah ada jaminan itu, dan juga pengelola dari TPA Benowo bersurat ke kami bahwa mereka menjamin selama pelaksanaan Piala AFC U-20 berlangsung, juga tidak bau,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Stadion GBT telah ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Kualifikasi Grup F Piala AFC U-20 yang digelar mulai 14-18 September 2022. Grup ini akan diisi oleh tuan rumah Indonesia U-20, Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste. KBID-HMS/BE

Related posts

PPDB 2020/2021 Tetap Berjalan, Pemkot Mojokerto Siapkan Skema New Normal

RedaksiKBID

Risma Mimpikan Alun-alun Kota dengan Jalan Bawah Tanah

RedaksiKBID

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Seniman, Nabasa Gelar Pameran Seni Jelang Ramadhan

RedaksiKBID