Tungku Peleburan Baja PT Jaya Mestika Meledak, 9 Karyawan Dilarikan ke Rumah Sakit

Api membumbung saat tungku peleburan baja di Mojokerto meledak.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Tungku peleburan baja milik PT Jaya Mestika yang berlokasi di Desa Tumapel Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Selasa (09/06) dini hari meledak. Dikabarkan 9 karyawan yang saat itu melakukan proses produksi mengalami luka bakar serius dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kejadian tersebut berlangsung pukul 00.30 malam, terlihat di lokasi kendaraan Damkar sudah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman. Selain itu terlihat juga beberapa mobil ambulan hilir mudik melakukan proses evakuasi para korban.

Dari data korban yang dilarikan ke rumah sakit RS Sakinah diantaranya, Muslimin, (32) warga Dusun Karang Tengah Desa Sumber Girang, Kecamatan Puri, Siswoyo (46) warga Segunung Desa Talok, Kecamatan Dlanggu, Eko Rudi (28) warga Brangkal, Kecamatan Sooko, Muzaqi (36) warga Dlanggu, M Meka Latansa (29) warga Desa Losari, Kecamatan Gedek dan Lailatul Qodriyah (30) perempuan asal Dusun Kaliasin, Desa Bendung, Kecamatan Jetis.

Sedangkan 2 korban yang dilarikan ke RS Sidowaras dan 1 korban yang dilarikan ke RSUD Dr Soetomo Surabaya belum diketahui identitasnya.

Siswoyo (46) salah satu karyawan yang dirawat di RS Sakinah menjelaskan, bahwa peristiwa berawal ketika ia bersama karyawan lainnya bekerja sebagai operator pemasak bahan dasar baja. “Waktu itu saya bersama teman-teman sedang melakukan proses produksi, mendadak tungku untuk memasak besi meledak,” terangnya.

Ia menegaskan, jika saat kejadian ada sekitar 10 orang pekerja di lokasi. Namun ia tidak tahu pasti apa sebenarnya penyebab ledakan yang berasal dari tungku peleburan baja tersebut.

Mendengar kejadian tersebut, polisi langsung mendatangi lokasi, namun hingga saat ini belum ada penjelasan mengenai apa penyebab ledakan tersebut. KBID-FFA