Warga Perkampungan di Surabaya Mulai Gotong-Royong Cegah Covid-19

Warga Tambak Segaran membuat wastafel portabel secara mandiri.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Pencegahan pandemi corona (covid-19) secara gotong-royong terus dilakukan oleh warga dan Pemerintah Kota Surabaya. Penyemprotan desinfektan hingga pembuatan wastafel portabel dan hand sanitizer, mulai digerakkan.

Seperti gerakan warga Tambaksegaran Gang V Surabaya. Sore tadi (27/3/2020), kader Posyandu wilayah perkampungan tersebut membuat wastafel portable secara swadaya.

Ada sekitar dua wastafel portable yang diletakkan di pintu masuk kampung, dan ditengah pemukiman warga. Salah satu kader Posyandu Tambaksegaran, Ramiasih Yunita mengatakan gerakan pencegahan ini atas inisiatif atas persoalan pandemi covid-19.

“Kondisi ini tidak harus membuat panik. Melainkan kita berupaya bagaimana warga di perkampungan bisa bergerak bersama-sama melawan,” kata Ramiasih.

Ia menerangkan, selain wastafel portabel emak-emak kader lingkungan dan Posyandu juga membuat paket antivirus. Diantaranya, sabun kebersihan, hingga hand sanitizer.”Karena dana terbatas seadanya kami bagikan untuk warga sekitar secara gratis,” ungkap wanita yang akrab disapa Remi ini.

Inspirasi gerakan gotong-royong ini dilakukan setelah menerima kabar arahan Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, untuk melawan dengan gotong-royong dan terencana.

“Negara sudah hadir. Pemkot sudah bergerak. Tapi berapa yang harus dicover. Jadi tanpa menunggu kami juga bergerak dengan terencana dan tidak panik,” ungkap dia.

Remi berharap perhatian Pemkot Surabaya juga mendukung langkah yang dilakukannya bersama warga.”Kalau ada rejeki lagi kami akan merambah kampung-kampung sekitar. Wani lawan corona,” pungkasnya. KBID-DJI