KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Agustus, KPU Surabaya Verifikasi Administrasi Keanggotaan Parpol

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Soeprayitno.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan melaksanakan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik (parpol). Verifikasi ini dijadwalkan 2 Agustus hingga 11 September 2022.

Pendaftaran ini ini setelah diundangkannya PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

“Sebelum masuk tahapan verifikasi administrasi diawali pendaftaran partai politik dan penyampaian dokumen pendaftaran oleh partai politik pada 1 – 14 Agustus 2022. Untuk sesi ini menjadi ranah KPU (Pusat),”ujar Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Soeprayitno, Senin (25/7/2022).

Menurut dia, terkait pendaftaran parpol ada peran atributif dari KPU ke KPU provinsi serta kabupaten/kota. Ada tugas bagi KPU RI, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Saya selaku Divisi Teknis dan Penyelenggaraan baru saja mengikuti bimbingan teknis yang digelar KPU. Membersamai dalam bimtek, Divisi Rencana dan Data, Kasubbag Tekmas, serta operator Sistem Informasi Partai Politik (Sipol),” tandas dia.

Pasca bimtek apa yang akan dilakukan KPU? Mantan jurnalis ini menyatakan akan melakukan sosialisasi internal KPU Kota Surabaya mengenai Sipol serta teknis verifikasi administrasi. Kemudian, disusul rencana sosialisasi kepada lintas parpol dan Badan Pengawas Pemilu (Pemilu).

“Sebagaimana info dari pimpinan di KPU saat bimtek, dalam waktu dekat akan terbit petunjuk teknis (juknis). Selanjutnya kami bentuk helpdesk dalam rangka melayani petugas penghubung yang nantinya diberi mandat parpol,”ungkap dia.

Meski pembentukan helpdesk masih menunggu juknis, kata Nano, panggilan Soeprayitno, KPU Surabaya juga tetap melayani permintaan informasi seputar pendaftaran partai politik. Karena ini memang sudah menjadi keharusan dan mengedepankan tagline KPU Melayani.

“Kami siap memberikan informasi di kantor. Silakan saja datang ke kantor,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Tolak Gelar Reses Jelang Pemilu, Tiga Fraksi Tinggalkan Ruang Sidang Paripurna

RedaksiKBID

Sikapi Kamus Sejarah Indonesia, PKS Minta Diusut, PKB Tak Tahu Permasalahan

RedaksiKBID

Mahasiswa Sidoarjo ‘Ngamen Kemanusiaan’ untuk Korban Bencana di Sulteng

RedaksiKBID