KampungBerita.id
Bumi Malang Madrasah Teranyar

Gandeng Pemkab Sumbawa, ITN Malang Siap Beri Kontribusi Perencanaan Pembangunan


Rektor ITN Malang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT menandatangani Memorandum of Understading (MoU) dengan Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc., di Kantor Pemkab Sumbawa.

KAMPUNGBERITA.ID Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terus memperluas kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah di Indonesia.

Seperdi pada Senin (23/10) lalu, Rektor ITN Malang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT menandatangani Memorandum of Understading (MoU) dengan Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc., di Kantor Pemkab Sumbawa.

“Kerjasama dengan pemerintah daerah merupakan wujud kontribusi ITN Malang dalam mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengelolaan potensi daerah,” ungkap Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT , Rabu ( 25/10).

Dia menambahkan, kerjasama tersebut sebagai bentuk peran serta ITN melalui teknologi terapan, yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi Kabupaten Sumbawa.

Menurut Rektor, kerjasama ini sangat penting bagi pembangunan Kabupaten Sumbawa. Banyak potensi daerah yang bisa diolah oleh ITN Malang. Dengan dukungan ITN Malang yang memiliki tenaga ahli multi disiplin ilmu dan mumpuni di bidangnya, ITN yakin bisa berkontribusi positif bagi perencanaan pembangunan daerah.

Sebagai bentuk keseriusan kerjasama tersebut, Rektor menyempatkan diri berkunjung ke DPRD Sumbawa.

“Biar berimbang, DPRD juga mengetahui program ITN dengan pemerintah daerah,”Ujarnya.

Sehari sebelumnya Rektor ITN Malang menjalin MoU dengan Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Bidang kerja sama terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah kolaborasi riset. Menurutnya, kerjasama dengan Pemkab Sumbawa akan memberikan banyak peluang riset bagi dosen. Sementara dengan UNSA akan memudahkan dalam menggali permasalahan di Kabupaten Sumbawa.

“MoU dengan Pemkab banyak membuka peluang riset, maka ITN bisa bekerjasama dengan Universitas Samawa, misalnya dalam pariwisata, lingkungan, tata ruang, pengairan dan studi kelayakan. Di sana juga ada sungai dan perumahan kumuh, kita bisa mengadopsi kampung warna-warni Jodipan untuk diterapkan di sana,” jelasnya.

Sebelum kembali ke Malang, Rektor menemui alumni ITN Malang yang berada di Sumbawa. Kunjungan ini juga berkaitan dengan akreditasi institusi.

“Untuk akreditasi, di dalamnya ada persyaratan sosialisasi visi misi ke alumni. Seperti visi ITN, pendidikan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi terapan dan seni, serta peningkatan kualitas SDM, kewirausahaan, profesional, dan berwawasan global,” tandasnya. KBID-ACH

Related posts

Pemkot Surabaya dan Unicef Gelar Pelatihan Fotografi untuk Anak Berbakat

RedaksiKBID

Jaga Netralitas, TNI AL Tertibkan APK di Perumahan Wonosari

RedaksiKBID

Pilgub Jatim 2018, Pengamat Ajak Masyarakat Cerdas Memilih

RedaksiKBID