KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Saluran Air Ditutup Pemilik Lahan, Rumah Warga RT 05 Sambikerep Kebanjiran di Musim Hujan

PSI DPRD Surabaya
Josiah Michael saat reses di Sambikerep RT 05/RW 04, Kelurahan/Kecamatan Sambikerep.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Anggota DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI),
Josiah Michael yang melaksanak kegiatan Menjaring Aspirasi Masyarakat Reses III Masa Persidangan I Tahun 2021 di Sambikerep RT 05/RW 04, Kelurahan/Kecamatan Sambikerep, kemarin, sangat terkejut melihat posisi rumah warga lebih rendah 1 meter dari jalan. Parahnya, tidak hanya satu rumah, tapi semua rumah yang berada dalam satu gang.

” Kalau hujan, air masuk ke rumah pak. Warga meninggikan teras untuk membendung air, tapi tetap saja ada air yang masuk, ” ujar Ketua RT 05/RW 04, Warji.

Penemuan fakta di lapangan ini berawal dari seorang warga, Ibu Kusni yang menyampaikan aspirasi, tapi suaranya lirih. Ia malu menyampaikan keluhannya, sehingga suaranya tidak terdengar jelas.

Josiah Michael langsung berinisiatif menghampiri tempat duduk Ibu Kusni.
“Kalau hujan rumah saya kebanjiran pak, ” kata Ibu Kusni.

Mendapat laporan seperti itu, Josiah langsung merespons. ” Baik, selesai acara ini kita sidak ya bu,”tutur Josiah.

Menurut Josiah, penyebab banjir di wilayah RT 05/RW 04 tersebut karena satu-satunya saluran air ditutup oleh pemilik lahan. Akibatnya, air meluber ke jalan dan menerobos masuk ke rumah-rumah warga. Bahkan, sebelum jalan ditinggikan, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa.

” Kondisi ini sangat memprihatinkan. Ini akan saya prioritaskan untuk diperjuangkan. Apalagi, RT 05 ini adalah tetangga saya, ” ungkap Josiah yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya.

Dia berjanji akan memperjuangkan dan melobi Pemkot Surabaya untuk membuat sudetan saluran air hingga ke bozem.Dengan begitu, wilayah RT 05 tak kebanjiran lagi.

Selain persoalan banjir, aspirasi yang dikeluhkan warga adalah soal penerangan jalan umum (PJU) yang kurang, pembinaan UMKM, dan pelatihan keterampilan untuk anak muda. KBID-BE

Related posts

Tinjau Tempat Pengungsian, Kapolda Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Jombang

RedaksiKBID

Pilkada Kelar, DPRD Minta Swab Test Terhadap Seluruh Penyelenggara dan Saksi

RedaksiKBID

Polda Jatim Bongkar Pemalsuan Merek Kosmetik

RedaksiKBID