KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Gedung Gelora Pancasila Bakal Dijadikan Museum Olahraga

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun museum olahraga tahun ini. Museum olahraga yang pertama kali dibuat di Surabaya itu akan ditempatkan di dalam gedung Gelora Pancasila. Hal itu diungkapkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya, senin (28/1).

Risma, sapaan Tri Rismaharini menjelaskan bahwa dalam museum tersebut akan menampilkan beragam koleksi mulai dari peralatan olahraga, trophy, hingga medali dari para juara dunia. Harapannya dengan ada museum olahraga tersebut, semangat juara muncul kembali dari arek-arek Suroboyo.

“Di Museum Olahraga itu akan diisi oleh seluruh atlet Surabaya yang berprestasi tingkat dunia, Asia Pasifik atau Asia. Tujuannya agar bisa ditampilkan untuk anak-anak bisa melihat bahwa di Surabaya juga ada gudang prestasi dunia,” ujarnya saat kepada awak media.

Dalam mempersiapkan itu semua, Risma mengaku sudah menghubungi beberapa atlet legenda seperti Alan Budi Kusuma, Rudi Hartono, Lilis Handayani, Minarti Timur serta semua atlet yang pernah menjuarai kejuaraan dunia. Mereka adalah sederet atlet yang pernah menjadi kebanggaan Kota Surabaya.

“Kami akan melakukan pertemuan dengan beberapa atlet legenda, dan para narasumber yang berkaitan. Nanti kami akan komunikasikan ke mereka. Nggak tahu nanti mereka (para atlet) mau kasih apa. Mungkin ada raketnya (dari atlet bulutangkis), foto-fotonya dia. Yang pasti juara dunia akan masuk di situ,” jelas Risma.

“Insya Allah tahun ini (pembangunan), aku berharap Nopember bisa tak resmikan. Aku akan minta, taruhlah ndak yang piala asli, aku bisa membuat duplikasinya,” sambungnya.

Risma menambahkan, adanya Museum Olahraga itu diharapkan agar bisa membangun anak-anak Surabaya menjadi pahlawan yang membawa nama negara di mata dunia. Agar mereka bisa menjadi pahlawan orang tuanya, lingkungan dan kota ini seperti mereka. “Karena mereka (atlet) merupakan pahlawan, karena membawa nama negara,” pungkasnya. KBID-DJI

Related posts

Pemilu di Madura, Dua Pemuda Bawa Kabur Kotak Suara

RedaksiKBID

Hadiri Tabligh Akbar, PW Muhammadiyah Jatim Berikan Bantuan Korban Longsor Pacitan

RedaksiKBID

Bupati Bojonegoro Mencoba Langsung Bantuan Alsintan Combine Harvester.

RedaksiKBID