KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Sekretaris Utama BNBP Resmikan Pusdalops BPBD Mojokerto

Ir. Dody Ruswandi,MSCE memberikan sambutan

KAMPUNGBERITA.ID – Sekretaris Utama (Setama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Dody Ruswandi,MSCE, Selasa (11/12) meresmikan Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto sekaligus uji coba perdana penggunaan peralatan komunikasi teleconference.

Saat ditemui usai kegiatan, Setama Ir Dody menyampaikan jika peralatan ini sebagai sarana prasarana dalam situasi bencana dan merupakan alat komunikasi semua stick holder yang ada. “Ini sebagai standar peralatan minimum yang harus dipunyai setiap BPBD,” terangnya.

Di wilayah Indonesia, nantinya BNPB akan melakukan pengadaan secara bertahap dan akan terkoneksi ke setiap BPBD Provinsi dan BNPB. Tentunya peralatan yang ada di tingkat provinsi kapabilitasnya akan lebih tinggi dari BPBD daerah.”Hal ini merupakan upaya kita untuk melakukan percepatan aksi untuk tanggap darurat,” tambahnya.

Diterangkan, lanjut Dody, bahwa upaya yang baik dilakukan adalah aksi sebelum terjadinya bencana. Bisa dilakukan dengan langkah preventif dan deteksi dini kejadian-kejadian yang berpotensi menimbulkan bencana. Dicontohkan seperti pada bulan sekarang tepatnya pada musim hujan, bencana banjir dan tanah longsor perlu di antisipasi.

Untuk wilayah yang kebetulan sudah terjadi banjir tentunya dapat langsung berkoodinasi dengan pihak BPBD terdekat. “Secara otomatis, jika terjadi bencana tentunya BPBD yang ada di sekitarnya akan langsung merapat,” katanya.

Sedangkan untuk menentukan peralatan apa saja yang nantinya diperlukan dan seberapa banyak personil yang di perlukan tentunya dapat berkoordinasi melalui peralatan ini di Pusdalops masing-masing.

Dengan adanya peralatan ini di harapkan sudah tidak ada batas ruang sekaligus memudahkan langkah koordinasi dalam aksi menanggulangi bencana. “Barusan peralatan yang sudah terpasang kita coba teleconference dengan BPBD Raja Ampat di Provinsi Papua Barat dan BPBD Banyuasin di Sematera Selatan, untuk hasilnya lancar baik kualitas gambar dan audionya,” pungkasnya.KBID-FFA

Related posts

Pemkot Surabaya Bantu Korban Gempa Maluku dengan Membangun Sekolah

RedaksiKBID

Penyebaran Covid-19 Melandai, Jemaah Salat Jumat Tetap Patuh Protokol Kesehatan

RedaksiKBID

Usung Tema ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’, Pemkab Monjokerto Gelar Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28

RedaksiKBID