KampungBerita.id
Tapal Kuda Teranyar

Beri Sentuhan Teknologi, Sejumlah Peternak Kambing di Pasuruan Bakal Ikut Bimtek

Peternakan kambing, ilustrasi@KBID2018

KAMPUNGBERITA.ID – Pemkab Pasuruan melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, menggelar bintek tata cara mengelola ternak yang benar, terutama bagi para peternak kambing atau domba.

Kepala Dinas Peternakan dan Katahanan Pangan Irianto, potensi ternak kambing di Kabupaten Pasuruan sangat prospektif. Pasalnya, para peternak tidak kesulitan mendapatkan pakan hijau, hanya saja sebagian dari mereka dalam berternak masih tradisional sehingga perlu sentuhan teknologi.

Pihak Dinas akan memberikan pelatihan menejemen peternakan kambing, ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam manajemen domba, di antaranya pemeliharaan, manajemen kesehatan, manajemen pakan dan lainnya.

“Untuk memelihat domba, maka yang perlu di perhatikan adalah kandungan gizi pakan karena hal itu berkaitan erat dengan pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan ternak. Pemberian pakan yang baik yaitu sesuai dengan kebutuhan gizi ternak dan jumlahnya disesuaikan dengan status fisiologis ternaknya,” jelasnya

Domba adalah ternak yang membutuhkan bahan pakan berupa hijauan dalam jumlah besar,yaitu sekitar 90%. Juga perlu tambahan pakan penguat (konsentrat). Pakan hijauan bisa disediakan dengan cara mencari di alam atau bisa pula dibudidayakan. Penanaman bisa dilakukan di lahan yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman pertanian, seperti pematang sawah, lereng atau bahkan bisa ditanam sebagai pagar hidup, dan di area tanam sebagai monokultur. Rencana Bintek dilaksanakan di dua kecamatan yakni Rejoso dan Pohjentrek.KBID-PAS

Related posts

ASN Pemkot Harus Netral, Komisi A: Jangan Bodohi Masyarakat

RedaksiKBID

Mendagri Lantik 1.608 Muda Praja IPDN Angkatan XXX Tahun 2019

RedaksiKBID

Dari Mekkah, Ketua PCNU Doakan Warga Surabaya Dijauhkan dari Bencana

RedaksiKBID