KampungBerita.id
Headline Peristiwa Teranyar

Dini Hari Gunung Agung Meletus, Warga Diminta Waspadai Aliran Lahar

Material letusan membumbung tinggi dari letusan Gunung Agung

KAMPUNGBERITA.ID – Gunung Agung di Karangasem, Bali kembali meletus pada Kamis (4/4/2019) dinihari sekitar pukul 01.34 WITA. Letusan yang cukup kuat membuat membuat kolom abu mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncaknya atau 5.142 meter di atas permukaan laut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin mengatakan, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta waspada. Sebab ada ancaman bahaya sekunder berupa potensi aliran lahar hujan.

Aliran lahar ini dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landasan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

“Material erupsi yang masih berada di area puncak, bisa terbawa ke area aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung,” kata Made Rentin, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Rentin menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sekitar 3 menit 37 detik.

Kejadian erupsi gunung tertinggi di Bali yang berada di Kabupaten Karangasem itu terdengar gemuruhnya di Pos Pemantauan Gunungapi di Rendang, Karangasem.

Hingga kini, Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga). Masyarakat pun diminta tidak beraktivitas di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

“Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru,” kata Rentin.KBID-LIP

Related posts

Pansus Perampingan OPD DPRD Kota Surabaya Ingin Pembahasan Berjalan Dua Arah

RedaksiKBID

Tentukan Capres 2019, PAN Tunggu Hasil Pilgub Jatim

RedaksiKBID

Danrem 082/CPYJ dan Aster Panglima TNI Tinjau Hasil Serbuan Teritoriall

RedaksiKBID