KampungBerita.id
Kampung Raya Lakone Surabaya Teranyar

DPRD Surabaya Tagih Janji Wali Kota Eri Cahyadi Benahi KBS

Parkir Terminal Intermoda Joyoboyo nantinya akan terkoneksi dengan terowongan bawah tanah sehingga pengunjung bisa langsung menuju KBS.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pernah berjanji akan membenahi Kebun Binatang Surabaya (KBS) dengan konsep baru pada awal 2022. Penyebabnya, Eri Cahyadi menilai KBS kurang berkembang selama beberapa tahun terakhir. Sehingga banyak keluhan soal KBS dari warga dan pengamat satwa.

Salah satu rencana Pemkot Surabaya untuk membenahi KBS agar menarik wisatawan adalah membangun underpass atau terowongan bawah tanah yang menghubungkan KBS dan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Sehingga, nantinya KBS akan menjadi kebun binatang yang lebih modern, tak kalah dengan wisata satwa di daerah lain.

“KBS ini hebat kalau dikoneksikan dengan Jembatan Sawunggaling dan TIJ. Parkir di TIJ, ada tunnel di bawah connected, parkir dari Joyoboyo harus melewati UMKM di Gedung Joyoboyo, semua bergerak, ekonomi bergerak” kata Eri kala itu.

Namun, hingga kini masih belum ada tanda-tanda pembangunan sesuai konsep Eri Cahyadi. Padahal di era Wali Kota Tri Rismaharini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya sudah menganggarkan Rp 26 miliar untuk membangun underpass sepanjang 150-170 meter tersebut, tanpa pembebasan lahan.

Humas KBS, Agus Supangkat menerangkan, pihaknya masih belum tahu kapan pembangunan terowongan bawah tanah itu direalisasikan. Yang jelas, pintu masuk dari TIJ selalu dibuka jika pengunjung ramai.

“Dulu memang ada rencana itu (buat terowongan), sekarang belum ya. Kalau libur sekolah dan weekend, pintu masuk dari TIJ dibuka,” kata dia.

Menanggapi konsep baru KBS, Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony menagih janji dan mempertanyakan keseriusan Wali Kota Eri Cahyadi. Thony lantas membandingkan dengan wajah KBS era Risma. Saat itu, Risma membangun Jembatan Sawunggaling sebagai ikon baru Surabaya. Jembatan itu juga terhubung dengan TIJ.

“Harapan kami, rencana terowongan di bawah tanah itu bisa segera diwujudkan. Supaya koneksitas KBS dan TIJ bisa segera terjadi,” kata AH Thony Senin (27/6/2022).

Apalagi, lanjut Thony, saat ini KBS masih jadi primadona wisata satwa di Surabaya. Terlebih lagi saat akhir pekan maupun tanggal merah. Biasanya arus lalu lintas di sekitar KBS akan padat karena membludaknya pengunjung.

“Kami dari dewan meminta Wali Kota serius untuk menindaklanjuti itu. Karena ini bagian dari investasi untuk menghidupkan KBS sebagai salah satu destinasi yang diandalkan di Surabaya,” tegas dia

Menurut politisi Partai Gerindra ini, tidak cukup jika hanya membenahi akses jalan, tetapi wisata KBS masih begitu-begitu saja. Maka, KBS bisa kurang menarik. Bahkan, jika dibandingkan dengan kebun binatang lainnya, KBS perlu adanya perbaikan.

“Sehingga, perlu ada redesain terhadap KBS secara menyeluruh. Baik itu sarana prasarana instalasi, sarana kandangnya, konservasi, spirit mengedukasi dan spirit mencari untung untuk PAD semua bisa tercapai,” pungkas Thony. KBID-DTC/BE

Related posts

Ruko di Candi Terbakar, Tujuh Unit Sepeda Motor Ikut Hangus

RedaksiKBID

Gaji ke-13 PNS Surabaya belum Cair

RedaksiKBID

Jelang Coblosan, Warga Temukan Dugaan Aksi Money Politics di Kelurahan Bongkaran

RedaksiKBID