KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Gelar Demo, Buruh di Indonesia Desak Israel Hentikan Agresi Militer ke Palestina

Buruh yang tergabung dalam FSMI saat menggelar aksi mendesak Isreal menghentikan agresi ke Palestina.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi demonstrasi yang dilakukan serentak di 24 provinsi dan sekitar 300 kabupaten/kota di Indonesia, Selasa (18/5).

Wakil Ketua DPW FSPMI Jawa Timur, Nuruddin Hidayat ST menyebut kota-kota tersebut mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB, Maluku, Maluku Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan lainnya.

”Di Jawa Timur sendiri aksi demonstrasi dipusatkan di Kantor Konsulat Amerika Serikat di Surabaya. Aksi ini dilakukan denga damai dan santun yang diikuti sekitar 100 (seratus) orang masa aksi dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat,” katanya.

Aksi demonstrasi ini sebagai bentuk solidaritas kaum buruh terhadap bangsa Palestina serta mengutuk dan mengecam agresi militer Israel yang membunuh dan membantai rakyat sipil Palestina, bahkan perempuan dan anak-anak telah menjadi korban kebrutalan tentara Zionis Israel.

Berdasarkan alinea pertama Pembukaan UUD 1945, bangsa Indonesia mempunyai tanggung jawab moral untuk turut menyuarakan penghapusan penjajahan di Palestina, serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina yang telah diperjuangkan sejak dulu oleh Presiden Soekarno.

Selain itu Buruh juga mengecam sikap Amerika Serikat melalui Konjennya di Surabaya yang dinilai membela dan cenderung mendukung kebrutalan tentara Zionis Israel.

Dalam aksi kali ini ada 5 tuntutan yang disuarakan buruh sbb :

1. Mendesak Israel agar menghentikan agresi militer terhadap Palestina.

2. Mendesak Amerika Serikat untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

3. Mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan dukungannya terhadap Israel.

4. Mendesak PBB agar segera mengambil langkah konkrit untuk penyelesaian konflik Palestina-Israel.

5. Agar Pemprov Jatim memfasilitasi audiensi dengan Konjen Amerika Serikat. KBID-FSPMI

Related posts

Terjaring Razia, 54 Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Berdoa di Makam Korban Covid-19

RedaksiKBID

37 Pedagang dan Pengunjung Positif Covid19, Pasar Keputran Ditutup Sepekan

RedaksiKBID

Renovasi Rumah, Pekerja Tewas Tersengat Listrik Mesik Bor

RedaksiKBID