KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Surabaya Teranyar

Festival Laut Dr Salim di Pantai Kenjeran, Bukti Komitmen PKS Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Ketua Majelis Syura PKS, Dr Salim Segaf Al Jufri mengunjungi bazar UMKM di Festival Laut di Pantai Kenjeran,Minggu (26/6/2022).@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Guna menggeliatkan sumber ekonomi di sektor maritim, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama Ketua Majelis Syura Dr Salim Segaf Al Jufri menggelar Festival Laut Dr Salim, bersama nelayan se-Jatim di Pantai Kenjeran, Minggu (26/6/2022).

Acara gelar rembuk bersama nelayan ini, selain dihadiri Dr Salim Segaf Al Jufri, juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, anggota DPR RI Fraksi PKS Sigit Soesiantomo, dan jajaran pengurus DPW PKS Jatim, pengurus DPD PKS Kota Surabaya serta Fraksi PKS DPRD Kota Surabaya.

Ketua DPP PKS Bidang Tani dan Nelayan, Riyono dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai bukti nyata kalau PKS serius memperjuangkan nasib nelayan dan masyarakat pesisir.

“Alhamdulillah terselenggaranya kegiatan ini sebagai bukti, bentuk, dan sarana bagi PKS menunjukkan keberpihakannya dan sekaligus menunjukkan komitmen untuk terus memperjuangkan nasib nelayan dan masyarakat pesisir,”ujar Riyono.

Lebih jauh, dia menjelaskan, rangkaian acara Festival Laut terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari bebersih Pantai Kenjeran, senam Go PKS, ludruk, hingga festival UMKM dan makanan laut.

“Acara ini terdiri dari beberapa kegiatan. Ada bazar UMKM yang Alhamdulillah sudah dikunjungi oleh Dr Salim dan membeli seluruh jajanan UMKM yang ada. Selain itu, ada Festival Perahu Hias yang dihelat oleh teman-teman nelayan dari Madura dan Surabaya. Mereka bersama-sama ingin menyambut kehadiran Dr Salim,” ungkap dia.

Untuk itu, Riyono berharap, adanya kegiatan Festival Laut bisa membawa arah perubahan kehidupan nelayan menjadi lebih baik. “Kita adakan rembuk nelayan ini, mudah-mudahan apa yang menjadi harapan dan juga petunjuk dari kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat pesisir ini akan membawa perubahan untuk para nelayan kita,”imbuh Riyono.

Sementara itu, kehadiran Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf Al Jufri dalam Festival Laut yang diselenggarakan oleh PKS, menjadi daya tarik tersendiri. Kehadiran mantan Menteri Sosial RI itu disambut meriah oleh para nelayan.

Dalam sambutannya, Dr Salim menyebut bahwa Indonesia memiliki syarat utama untuk menjadi negara maju.“Saya pribadi yakin, kita semua sepakat bahwa negara ini punya syarat-syarat yang kuat untuk menjadi negara maju. Karena kekayaan yang Allah berikan kepada bangsa ini luar biasa. Di dalam bumi dan di dalam lautan Indonesia, semua syarat untuk menjadi negara maju ini cukup lengkap, terlebih sepanjang tahun ada matahari dan ada air,” ucap Salim.

Karena itu, dia mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama-sama membangun kolaborasi kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa negeri yang gemah ripah loh jinawi ini.

Salim menyebut, pagelaran Festival Laut juga dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia. Hal ini sebagai momen untuk menjaga ekosistem laut agar tetap bersih.
“Kita tidak bisa melupakan Hari Laut Sedunia 8 Juni 2022. Ini yang membuat kita akan serius memperhatikan laut kita. Kita semua tahu, bangsa ini sebagai bangsa maritim dan bahari terbesar di dunia,” tutur Salim.

Mengingat Indonesia tumbuh menjadi bangsa maritim dan bahari terbesar di dunia, lanjut dia, pihaknya berharap kepada seluruh anak bangsa dan PKS agar menunjukkan sikap siap untuk menjaga laut.“Laut harus dijaga. Dengan laut bersih, maka kita bisa sehat,” tandas Salim.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengapresiasi langkah PKS yang menghadirkan kolaborasi dan sinergi antarkomponen bangsa dalam mewujudkan kehidupan nelayan yang lebih baik.

“Hari ini ditunjukkan oleh PKS adanya kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak dan lini untuk membangun sekaligus membantu meningkatkan kehidupan masyarakat Kota Surabaya,”ujar Eri.

Dia lantas berharap dengan diadakan Festival Laut bersama Dr Salim bisa membawa perubahan bagi Kota Surabaya, khususnya kehidupan para nelayan.

“Semoga setelah acara ini, kekuatan kita, kebersamaan kita, kegotong royongan kita sebagai warga Surabaya semakin bertambah dan bisa mengubah Kota Surabaya menjadi kota yang sejahtera sekaligus kehidupan nelayan menjadi makin sejahtera,”pungkas Eri.

Terakhir, Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan menyatakan siap untuk melaksanakan amanat yang disampaikan oleh Dr Salim, berkolaborasi bersama dengan seluruh komponen masyarakat Surabaya mewujudkan kehidupan nelayan yang sejahtera. “Insya Allah PKS Kota Surabaya siap untuk melaksanakan amanat yang disampaikan oleh Dr Salim, berkolaborasi bersama seluruh komponen masyarakat Surabaya, mewujudkan kehidupan nelayan yang lebih baik,” ujar Bang Jo, sapaan akrab Johari Mustawan. KBID-BE

Related posts

Bundaran Waru Tutup Total, Kapolda Jatim: Tak Bawa Surat Bebas Covid-19, Jangan Masuk Surabaya

RedaksiKBID

Bibit Jagung Bantuan Kementan di Tuban Diduga Diperjualbelikan

RedaksiKBID

Pemilih Semakin Kritis dan Rasional, Artis Hanya Pengumpul Massa

RedaksiKBID