KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Gunung Agung belum Meletus, BNPB Minta Warga Tak Sebar Berita Hoax

Gunung Agung, Karangsem, Bali masih berstatus ‘Awas’

KAMPUNGBERITA.ID – Kabar meletusnya Gunung Agung di Karangasem, Bali menjadi viral di sejumlah media sosial. Terlebih, kabar tersebut disertai unggahan video yang menggambarkan adanya magma yang meleleh. Hal ini cukup membikin was-was para wisatawan yang hendak berkunjung ke Bali. Kondisi tersebut sangat disayangkan pihak BNPB. Faktanya, hingga kini, Gunung tersebut belum meletus dan masih berstatus ‘awas’ sejak Jumat (21/9) malam lalu.

Menyikpai kabar tersebut, Ketua BNPB, Sutopo Purwo Nugroho memposting dua penjelasan berturut-turut dalam akun twitter-nya @SUTOPO_BNPB pada Minggu (24/9). Hal itu dia lakukan untuk menjawab banyaknya berita hoax yang disebarkan pihak tidak bertanggung jawab lewat media sosial.

Menurutnya, meski Gunung Agung masih berstatus Awas, tetapi hingga Minggu (24/9) pagi, sekira pukul 06.00 Wita-waktu postingan dibuat, Gunung Agung masih belum meletus.

“Gunung Agung pagi ini 24/9/2017. Belum meletus. Tidak ada abu vulkanik. Status awas. Radius 9km dan sektor 12km berbahaya,” tulisnya.

Menurutnya, Bali tetap aman dikunjungi, area berbahaya hanya radius 12 kilometer dari gunung berapi tersebut. Sutopo pun mengimbau agar masyarakat jangan menyebarkan berita hoax dalam situasi saat ini.

“Pariwisata Bali tetap aman. Jangan menyebarkan berita menyesatkan bahwa Bali tidak aman krn Gunung Agung (status) Awas. Silahkan berkunjung Bali,” ujarnya.

Seperti diketahui, Gunung Agung yang berstatus dapat meletus kapan saja. Masyarakat diminta tetap waspada.KBID-VIV

Related posts

Diduga Terkena Serangan Jantung, Pentolan Bonek Meninggal di Medaeng

RedaksiKBID

Usai Kadinkes Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Kini Giliran Kabid P2P OTG dan Positif

RedaksiKBID

Ribuan Santri Ponpes Al-Falah Kediri Suguhkan Keragaman Budaya Lewat Parade

RedaksiKBID