KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Jelang Suksesi PC GP Ansor Surabaya, PAC: Calon Ketua harus Bisa Jawab Tantangan Zaman

Ahmad Romli, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Simokerto.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Gerakan Pemuda Ansor saat ini menjadi salah satu kiblat ormas kepemudaan di Nusantara. Hal itu tak lepas dari panjangnya perjalanan sejarah Ansor, bahkan lebih panjang dari usia republik ini. Eksistensi GP Ansor dalam kehidupan berbangsa semakin nyata dengan ditunjuknya Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Simokerto, Ahmad Romli menilai dibawah kepemimpinan Gus Yaqut, organisasi Ansor bergerak masif hingga ke tingkat bawah. Ia menilai Ansor hari ini mampu diterima segala lapisan, termasuk generasi milenial. Karena itu, ia berharap struktur Ansor di setiap tingkatan termasuk cabang Surabaya mampu mengikuti jejak kepemimpinan Gus Yaqut.

“Saya berharap Ketua GP Ansor Surabaya ke depan juga mampu menjawab tantangan zaman. Apalagi Surabaya adalah kota metropolitan yang memiliki tantangan spesifik dibandingkan dengan cabang Ansor lain di Jawa Timur,” tutur alumni santri Lirboyo, Kediri ini, Senin (8/1/2021).

Terkait suksesi kepemimpin Ansor di kota Surabaya yang akan dilaksanakan melalui konferensi cabang (Konfercab) bulan ini, Romli mengatakan hal itu sebuah proses biasa dalam sebuah organisasi. Karena itu, menurut dia, semua kader punya kesempatan yang sama untuk maju sebagai calon ketua.

Menurut pria berdarah Madura ini, seluruh kader Ansor yang memenuhi persyaratan berhak diberi kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai ketua cabang. Bila semakin banyak calon, maka itu menjadi parameter kaderisasi berjalan baik.

“Gus Afif itu baik, beliau layak kembali memimpin, bahkan naik ke level yang lebih tinggi. Kalau ada calon lain, patut juga dipertimbangkan. Karena semua punya kesempatan yang sama, baik mereka yang ada di pengurus harian atau pun para Ketua PAC,” ujarnya.

Dari data yang dihimpun, Konfercab GP Ansor Kota Surabaya akan dilaksanakan akhir bulan Februari ini. Konfercab didahului dengan proses akreditasi PAC yang dilakukan oleh PW Ansor Jatim. Kemudian diikuti dengan Rapimcab GP Ansor Surabaya.

Sejauh ini ada beberapa nama kader yang dianggap layak maju sebagai calon Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya. Mereka adalah, Muhammad Mundir (Ketua MDS Rijalul Ansor), Abdul Kholil (Sekretaris), Ahmad Maududi (Wakil Ketua) dan incunbent HM. Faridz Afif. KBID-DAY

Related posts

Dua Sepeda Motor Bertabrakan, Satu Orang Tewas

RedaksiKBID

Gabungkan Misi Sosial dan Bisnis, PTL Community Berbenah jadi PT.PTLS

RedaksiKBID

Gandeng Penulis ‘Mati Corona Ala Madura’, Densus 88 Blusukan ke Bangkalan

RedaksiKBID