KampungBerita.id
Matraman Peristiwa Teranyar

Kaji Mbing Tandatangani SK Status Darurat Bencana Banjir di Madiun

Bupati Madiun Ahmad Dawami mendampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawnsa saat meninjau lokasi banjir

KAMPUNGBERITA.ID – Bupati Madiun Ahmad Dawami menandatangani surat keputusan status darurat bencana banjir mulai tanggal 6-19 Maret 2019.

Dengan ditetapkannya status darurat bencana banjir, maka biaya yang timbul untuk penanganan bencana tersebut akan ditanggung oleh APBD Kabupaten Madiun.

Area yang terdampak banjir di Kabupaten Madiun meluas hingga 35 desa di tujuh kecamatan. Total warga yang mengungsi mencapai 3.518 jiwa.

Bupati Madiun membenarkan data sementara yang menempel di papan informasi Posko Utama Penanganan Banjir. Total rumah yang terdampak mencapai 3.639 unit. Sementara total pengungsi mencapai 3.518 jiwa. Termasuk korban yang mengungsi di rumah warga.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing menambahkan, pihaknya masih fokus pada proses penyelamatan atau evakuasi korban.

“Kita terfokus penyelamatan evakuasi korban dulu. Disamping itu sudah kita lakukan upaya penanganan korban yang mengungsi dengan tim medis di masing-masing puskesmas siaga,” kata Kaji Mbing saat memantau posko banjir di Kantor Balai Desa Garon, Kamis (7/3).

Banjir terus meluas hingga melanda 35 desa di tujuh kecamatan. Yakni Kecamatan Pilangkenceng, Saradan, Balerejo, Wungu, Mejayan, Wonoasri, dan Madiun. Wilayah Balerejo, Saradan, dan Pilangkenceng merupakan daerah yang cukup parah terdampak bencana alam tersebut.

Kamis (7/3) pagi, banjir terpantau sudah mulai menyusut. Meski demikian, masih terdapat genangan di sejumlah titik dengan ketinggian air bervariasi. Warga diminta tetap waspada, karena curah hujan diperkirakan maasih cukup tinggi.

Sementara, sejumlah bantuan logistik untuk korban banjir di Kabupaten Madiun mulai berdatangan. Bantuan tersebut selain dari Pemkab Madiun juga dari relawan dan komunitas.KBID-MDN

Related posts

Program Pemberdayaan Disetop Dinas KPP, Nelayan Surabaya Tagih Janji Wali Kota

RedaksiKBID

Tower-tower Apartemen terus Bermunculan di Sidoarjo

RedaksiKBID

Gubernur Jatim: Semua Orang Bisa jadi Pahlawan di era Kekinian

RedaksiKBID