KampungBerita.id
Bumi Malang Teranyar

Kapolresta Makota Beri Pengobatan Gratis Operasi Katarak dan Hernia untuk Ratusan Orang

Kapolresta Makota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat foto bersama dengan peserta Operasi Katarak, di halaman belakang Mapolresta Makota, Sabtu (14/03). Foto : Humas for KAMPUNGBERITA. ID

KAMPUNGBERITA.iD- Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata cukup peduli terhadap sosial kemasyarakatan. Terbukti, sebanyak 400 orang lebih bakal diberikan pelayanan pengobatan gratis berupa operasi Katarak dan Hernia, yang akan berlangsung di RS Bhayangkara dan RS Karsa Husada Kota Batu pada hari Sabtu (21/03) atau minggu depan.

Operasi katarak merupakan kerjasama yang kedua kalinya. Sebelumnya pernah dilakukan oleh Polres Batu. Sementara untuk pelaksanaan operasi hernia adalah pertama kalinya.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, calon pasien sebelum di operasi harus melakukan registrasi dan screening terlebih dahulu di Mapolresta Makota, Sabtu (14/03).

Pemeriksaan screening dilakukan oleh dokter spesialis yang berpengalaman, yakni dr. Safaruddin Refa. SpM (KVR) dokter spesialis mata dan dr. Bambang Rishardana SPB Finacs spesialis bedah.

Screening dilakukan untuk mengetahui apakah patut mendapatkan penanganan operasi atau masih belum waktunya. “Bisa jadi, setelah di screening ternyata hanya cukup penanganan pengobatan (rawat jalan). Bagi yang menjalani operasi, harus mempersiapkan fisik dan mentalnya,” jelas Kombes Pol Leo.

Kapolresta menginformasikan, bahwa dari 400 sekian orang akan dibagi menjadi dua yakni  peserta operasi Hernia ada sekitar 37 orang. Sedangkan, peserta operasi Katarak sekitar 392 orang.

Tidak menutup kemungkinan, dari total 400 sekian orang, akan mengalami penyusutan jumlahnya. “Karena terproses pada screening sebelumnya,” imbuhnya.

Mantan Kapolres Mojokerto ini menegaskan, “Kami ingin memberikan yang terbaik bagi warga Kota Malang dan sekitarnya. Selain memberikan pelayanan administrasi dan rasa keamanan warga,” tegasnya.

Salah satu dokter yang menangani yakni dr. Safaruddin refa. SpM (KVR) menuturkan, kami kagum dengan kepedulian Kapolresta. “Di luar sana operasi semacam ini membutuhkan biaya sekitar Rp 12 juta. Namun Polresta Makota menyelenggarakan secara gratis,” tandasnya

“Kami melihat antusias warga yang mengikutinya, terpantau sangat semangat. Semoga pelaksanaan operasi Katarak dan Hernia sesuai harapan banyak pihak,” pungkasnya. KBID-WAN

Related posts

Komisi D DPRD Surabaya Minta Pemkot Hidupkan Kembali THR

RedaksiKBID

Keluarga Pak Tjip Ambil Sikap, Beri Dukungan ke MA di Pilwali Surabaya

RedaksiKBID

Apresiasi Petugas TPU Keputih, Bos Rajawarta Bagikan 75 Nasi Kotak

RedaksiKBID