KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Teranyar

Kekeringan di Sumenep Meluas, BPBD Distribusikan Air Bersih ke 27

Kepala BPBD Sumenep, Rahman Riadi

KAMPUNGBERITA.ID – Kekeringan yang melanda Kabupaten Sumenep tahun ini mulai meluas. Sedikitnya ada terdapat 27 desa di 10 kecamatan daratan mengaalami kekeringan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Rahman Riadi mengatakan, kekeringan di wilayah Sumenep terjadi sejak bulan Juni lalu. Dan BPBD telah melakukan pengiriman bantuan air ke sejumlah Desa.

“Kekeringan saat ini berdampak pada masyarakat di 27 desa yang tersebar di 10 Kecamatan,” jelas dia.

Sepuluh Kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Batuputih, Pasongsongan, Saronggi, Rubaru dan Kecamatan Dasuk.

“Rinciannya dari 27 Desa itu, 10 Desa mengalami kering kritis, dan 17 Desa mengalami kekeringan langka,”imbuhnya.

Dia menuturkan, sebagai antisipasi bencana kekeringan yang berdampak pada masyarakat tersebut, pihaknya sudah melakukan sinergitas dengan seluruh perangkat daerah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan aparat kewilayahan, untuk mengoptimalkan penanganan bencana kekeringan.

“Kami akan menggelar rapat koordinasi (rakor) penanggulangan bencana kekeringan untuk memaksimalkan penanganan di lapangan, dengan ketersediaan air yang masih memadai,”ungkap dia.

Dia juga mengimbau kepada seluruh perangkat daerah, aparat di wilayah, baik Camat dan Kepala Desa, agar cepat dan tanggap dalam merespon laporan dari masyarakat, sehingga penanggulangan bisa lebih optimal.

“Diharapka untuk seluruh aparat wilayah juga harus mengevaluasi kondisi di wilayah masing-masing, sehingga semua Desa bisa terdeteksi mengenai potensi terjadinya bencana kekeringan, aparat harus rajin melaporkan kondisi di wilayahnya masing-masing,”pungkas dia. KBID-SMP

Related posts

Pemkot Surabaya Fasilitasi Perekaman KTP Elektronik 539 ODGJ di Liponsos Keputih

RedaksiKBID

Enam Pelajar Terjaring Razia saat Demo Omnibus Law di Grahadi

RedaksiKBID

MA Pilih Mujiaman jadi Pendamping, Golkar Pastikan Tetap Solid Mendukung

RedaksiKBID