KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Komisi C Apresiasi Pemkot Surabaya Siagakan URC untuk Antisipasi Banjir

Satgas gorong-gorong membersihkan saluran air yang mengalami pendangkalan karena sedimentasi.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-DPRD Kota Surabaya mendukung langkah Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya yang menyiagakan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk mengantisipasi genangan di Surabaya.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono. Dia menilai langkah DSDABM menggunakan URC dalam mengantisipasi genangan di Surabaya merupakan inovasi yang bagus.

Untuk itu, dia berharap URC ini nantinya bisa mengurangi genangan, termasuk di perkampungan. “Ya, ibaratnya pemkot itu sedia payung sebelum hujan,” ujar Baktiono, Rabu (26/12/2023).

Politisi senior PDI-P ini mengatakan, ini menunjukkan keseriusan pemkot dalam upaya menanggulangi banjir dengan menyiapkan URC.

Dengan URC ini, kata Baktiono, mobil pemadam kebakaran bisa mengisap genangan secara langsung kemudian disalurkan secara on the sport.

Baktiono juga mengapresiasi kinerja DSDABM. Meski mereka telah menggalakkan pembangunan box culvert dan saluran.”Kita apresiasi kinerja pemkot, sebelum hujan mereka sudah menyiapkan perangkat-perangkatnya termasuk URC untuk menyedot genangan,” tandas Baktiono.

Dia menyatakan, jangan sampai air masuk ke perkampungan lagi karena langsung dialirkan lewat mobil-mobil PMK.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Drainase DSDABM Kota Surabaya, Windo Gusman Prasetyo mengatakan, Unit  Reaksi Cepat (TRC) disiagakan untuk menanggulangi genangan saat turun hujan.

Dia memaparkan, TRC tersebut berasal dari 1.480 Satgas DSDABM Surabaya.”Untuk persiapan tenaga satgas di saat musim hujan, kami menyiapkan URC. Di mana saat ada kendala musim hujan atau kendala pada saluran, TRC bisa langsung cepat menangani sumbatan-sumbatan yang terjadi karena sampah, kayu dan sebagainya,” pungkas Windo Gusman. KBID-BE

Related posts

KPU Jatim Tetapkan 31.402.838 Pemilih Masuk DPT Pemilu 2024

RedaksiKBID

Terima Laporan 22 Ijazah Siswa SMK/SMA Tak Mampu Ditahan Pihak Sekolah, Baktiono Surati Gubernur

RedaksiKBID

Soal Kebocoran Soal UNBK, DPRD Surabaya Minta Pemkot Evaluasi Pejabat Dinas Pendidikan

RedaksiKBID