KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Komisi C Dukung Wacana Revitalisasi THP Kenjeran Menuju Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

THP Kenjeran diwacanakan akan direvitalisasi agar menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.@KBID-2024.

KAMPUNGBERITA.ID-Guna meningkatkan kunjungan wisata di Kota Pahlawan, DPRD Kota Surabaya mendukung wacana Pemkot Surabaya untuk menyulap wisata pantai Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran menjadi ‘Singapura’-nya Surabaya.

Hal ini disampaikan
anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Ni’am pada acara Podcast Judes, Selasa (30/1/2024). Menurut dia, untuk mewujudkan itu, THP Kenjeran harus direvitalisasi.

“Kami di Komisi C mendukung wacana Pemkot tersebut. THP Kenjeran memang harus direvitalisasi agar bisa menjadi destinasi wisata andalan,” ujar dia.

Lebih jauh, Ghoni menegaskan, untuk menjadikan THP Kenjeran menjadi destinasi wisata pantai bertaraf internasional, maka revitalisasi itu tidak hanya dari sisi infrastruktur dan fisiknya saja, tapi sumber daya manusia (SDM)-nya pun harus ditata dengan baik.

Ghoni mencontohkan bagaimana cara berkomunikasi, memberikan pelayanan kepada pengunjung atau wisatawan, ini harus dibenahi dengan baik. Dalam arti kebersihan pantainya, food court, stand souvenir, semua harus ditata dengan baik.

Lebih jauh, politisi muda PDI-P menjelaskan, Pantai Kenjeran merupakan wilayah pesisir Surabaya di mana penduduknya mayoritas nelayan.

“Saya pernah melakukan riset atau penelitian ternyata di wilayah Kenjeran ada kurang lebih  611 nelayan. Mereka ini perlu ditingkatkan knowledge (pengetahuan)- nya,” jelas dia.

Untuk itu, lanjut Ghoni, revitalisasi THP Kenjeran tidak hanya fisik atau infrastruktur saja yang dilakukan oleh DPRKPP Kota Surabaya, tapi OPD-OPD lain juga ikut terlibat mengupgrade untuk peningkatan kemampuan warga di pesisir Surabaya tersebut.

“Karena nelayan ini profesi yang paling tua di Kota Surabaya dan wajib kita lestarikan,” tandas dia.

Ghoni menambahkan, karena revitalisasi THP Kenjeran menyangkut banyak aspek, tidak hanya fisik tapi juga pengembangan SDM, maka dari itu perguruan tinggi harus dilibatkan.

“Kita ingin membangun kawasan pesisir Surabaya menjadi lebih baik lagi. Karena corak dan karakter warga pesisir umumnya keras,” jelas dia.

Dia menambahkan, untuk revitalisasi THP Kenjeran Pemkot Surabaya menganggarkan Rp 23 miliar. Ini tentu menjadi harapan besar dari warga pesisir Utara Surabaya tersebut.

“ Ya, paling tidak dengan revitalisasi tentu ada dampak ekonomi bagi warga sekitar Kenjeran,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Hari Ini, Kliter 1 Jemaah Haji Jawa Timur Tiba di Surabaya

RedaksiKBID

Melalui Program Sosial BI Resmikan Laboratorium Komputer SMPN 3 Bojonegoro

RedaksiKBID

Ditjen Pemasyarakatan Sidak Dapur Rutan Surabaya

RedaksiKBID