KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Langkah Wali Kota Eri Cahyadi Tindak Tegas Pelaku Pungli, Josiah: Sejalan dengan Garis Perjuangan PSI

Anggota Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, Josiah Michael.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya mendukung langkah Wali Kota Eri Cahyadi menindak tegas pelaku pungutan liar (pungli). Hal ini dinilai, anggota Fraksi PSI, Josiah Michael sejalan dengan garis perjuangan PSI sebagai partai anti korupsi.

“PSI adalah partai anti korupsi. Apa yang dilakukan Wali Kota itu sesuai dengan garis partai kami yaitu, memberantas praktik pungli yang bisa menyuburkan korupsi,”ujar Josiah Michael, Kamis (9/2/2023).

Dia menyebut peran aktif masyarakat dalam melaporkan pungli sangat penting. Tanpa peran aktif masyarakat, pemberantasan pungli di sektor layanan publik akan terasa sia-sia.

Josiah yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya ini menuturkan, upaya penindakan pungli perlu dibarengi dengan langkah pencegahan. Untuk itu, mantan Ketua DPD PSI Kota Surabaya ini menyarankan pemasangan banner tolak pungli di setiap sektor pelayanan publik.

Banner tersebut berisi imbauan jika masyarakat menemukan pelaku pungli, laporkan ke nomor telepon aduan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di 0811-311-57777.

“Jika perlu pasang banner di setiap ruang layanan publik di Surabaya.Kalau ditemukan pungli langsung laporkan saja,” tandas dia.

Meski demikian, Josiah mengingatkan Pemkot Surabaya untuk menjaga kerahasiaan pelapor. Karena itu terkait keamanan si pelapor.

“Jadi, ketika masyarakat aktif berperan ikut memberantas pungli, maka Wali Kota juga wajib melindungi warga yang melaporkan praktik pungli di lingkungan Pemkot Surabaya,”ungkap dia.

Lebih jauh, Josiah mengaku sering mendapatkan laporan bahwa warga yang mengetahui adanya pungli di sektor pelayanan publik takut melapor. Ini karena mereka khawatir keamanannya dan terkena intimidasi.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan ketua DPD PSI Surabaya agar melibatkan kader dalam melindungi warga yang menjadi korban pungli,” pungkas Josiah. KBID-BE

Related posts

Sarana Pendidikan Lengkap, Dewan Surabaya Minta Peningkatan Nilai UNBK

RedaksiKBID

Bupati Saiful Ilah Buka Latsar untuk 80 CPNS Sidoarjo

RedaksiKBID

Sambut Sumpah Pemuda, Risma: Jangan Lagi Bahas Perbedaan

RedaksiKBID