KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Pemkot Surabaya Berencana Bangun Tiga RSUD, Komisi C Berharap Segera Direalisasikan

Rumah Sakit
Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Pemkot Surabaya berencana membangun tiga RSUD tambahan dalam kurun waktu lima tahun. Ini adalah salah satu poin penting hasil Panitia Khusus Rencana Pembangunan Jangka Menengah (Pansus RPJMD) Kota Surabaya.

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma menyambut baik rencana tersebut. Menurut dia, rencana membangun tiga RSUD tambahan itu sangat bagus, tinggal mengawal realisasinya.

“Tahun ini, Pemkot Surabaya sudah alokasikan sekitar Rp 10 miliar untuk tahap awal pembangunan RSUD Gununganyar dan Kali Kedinding. Semoga kajian perencanaan teknisnya selesai tahun ini dan tahun depan bisa mulai dibangun. Kita akan terus kawal anggaran untuk tahun-tahun berikutnya, “ujar William, Selasa (24/8/2021).

Belajar dari penanganan pandemi hampir dua tahun ini, lanjut dia, Kota Surabaya perlu terus berbenah terutama dalam hal penyediaan dan pemerataan fasilitas kesehatan. Sampai saat ini Surabaya belum mempunyai RSUD di wilayah Timur, Selatan, dan Utara. Rasio puskesmasnya juga belum memenuhi standar nasional. Satu puskesmas idealnya melayani 30 ribu, sementara di Surabaya masih sekitar 47 ribu warga.

“Kesehatan ini masuk urusan wajib dasar, harus diprioritaskan. Kebetulan ini juga mendekati bulan-bulan pembahasan APBD 2022, ayo kita kawal bareng. Apalagi sudah pernah dianggarkan dan dibahas pula di forum RPJMD, harusnya mulai direalisasikan tahun depan,”ungkap dia.

Berdasarkan penjelasan Pemkot pada forum RPJMD, ada dua skema pembangunan RSUD yang disiapkan yaitu menaikkan status puskesmas setempat atau membuat bangunan baru. Untuk puskesmas yang naik menjadi RSUD, maka puskesmas pembantu (pustu) akan dinaikkan menjadi puskesmas untuk menjaga pelayanan kesehatan tingkat pertama.

“Kita berharap pemkot dapat menggenjot sektor potensial yang dapat meningkatkan pendapatan. Dengan begini kita bisa mewujudkan pembangunan RSUD yang biayanya tentu tidak sedikit. Pembangunan bisa dimulai dengan rumah sakit tipe D atau C dulu. Nanti bertahap kita tingkatkan sesuai kemampuan anggaran. Yang penting pemerataan terwujud dulu dan semua warga bisa dekat dengan layanan kesehatan,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Polisi Tembak Pelaku Jambret di Trowulan

RedaksiKBID

Lagi, Pemkot Surabaya ‘Obok-obok’ Nama Jalan, PKB Menduga Ada Kepentingan Investor

RedaksiKBID

Relawan Mengaku Bu Mantik, KIPP Jatim Minta Bawaslu Panggil Para Camat

RedaksiKBID