KampungBerita.id
Headline Teranyar

Mendarat di Bandara Juanda, 156 PMI dari Malaysia Langsung Jalani Rapid Test

Para pekerja migran yang tiba di Bandara Juanda langsung menjalani rapid test.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Dalam rangka antisipasi penyebaran wabah virus corona disease (Covid-19) semakin meluas di Jawa Timur, Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur melakukan pemeriksaan cepat (Rapid Test) pada 156 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Bandara Juanda, Selasa (7/4).

“Kami telah siapkan 150 bed untuk melaksanakan SOP (Standart Operating Prosedure) pemeriksaan PMI asal Malaysia yang akan pulang besok sore,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat merilis update perkembangan Covid-19 di Jatim di gedung negara Grahadi Surabaya.

Diantara prosedur yang harus dilalui oleh para PMI asal Malaysia adalah dicek suhu tubuh, kemudian dilakukan Rapid Test.

“Kalau hasilnya positif maka akan langsung dirawat supaya bisa dilakukan tes lanjutan melaui PCR (polymerase chain reaction) atau Swab. Begitu yang hasilnya negatif namun ada tanda klinis seperti deman dan batuk maka akan segera dirawat,” jelas Gubernur Khofifah.

Selanjutnya bagi PMI asal Malaysia yang hasil Rapid Testnya negatif akan diberi kartu kewaspadaan diri supaya memudahkan pemantauan dalam proses isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Kepulangannya kami antar, lalu kami sampaikan kepada Kades atau Lurah supaya ikut mengawasi mereka saat proses isolasi mandiri,” ujar mantan Mensos RI ini. KBID-DAY

Related posts

Cegah Kermunan Masyarakat saat Belanja, Polwan Polresta Sidoarjo Keliling Mall

RedaksiKBID

Tes Rapid dan Urine Menanti Ratusan Pebalap Liar di Sidoarjo

RedaksiKBID

Pemprov Jatim Berencana Bangun Ponpes Gratis di Sumenep

RedaksiKBID