KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Songsong Era Big Data, Unipa Teken MoU dengan DSI

Dekan FMIPA Dra. Wara Pramesti, SSi, MSi dan Farida Sekretaris DSI di region Jawa Timur sedang melakukan
MoU.

KAMPUNGBERITA.ID – Program Studi Statistika,  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan seminar dengan tema “Peranan Statistika dalam Menyongsong Era Big Data dengan Data Science” di Gedung H. A.  Hudan Dardiri, Selasa, (3/4).

Acara ini menghadirkan narasumber dari Data Science Indonesia (DSI)  Farida, Sekretaris DSI di region Jawa Timur, dan Doni Phyton Specialis DSI. Pada kesempatan ini mahasiswa statistika dikenalkan dengan DSI untuk menghadapi era big data. Saat ini DSI telah membentuk Data Science Club (DSC)  yang mewadahi para penggiat data science seperti mahasiswa,  dosen,  jurnalis, dan sebagainya.

Menurut Hardani Prisma Rizky Ketua Hima Statistika 2015, ada berbagai keuntungan yang didapat dengan masuk di DSC yakni kita bisa bertemu dengan orang-orang yang mempunyai basic berbeda dalam mengolah data,  menambah pengetahuan di luar mata kuliah,  dan menangani berbagai macam tipe data seperti data dalam bentuk teks,  audio,  image, dan sebagainya.

Hardani mengatakan, seminar ini sangat bermanfaat karena diajarkan tentang peluang statistika di dunia kerja. Selain itu,  di seminar ini diajarkan pula cara mengolah data untuk dijadikan suatu informasi.

Dia menambahkan, bahwa data science itu memiliki peluang kerja pada bagian data analisis,  data
scientist,  dan data engineer. Karena data bisa menjadi sebuah informasi yang valid dengan adanya
pengolahan data secara benar.

Gangga Anuraga,  SSi, MSi Ketua Program Studi Statistika Unipa Surabaya berharap dalam waktu dekat ini mahasiswa Statistika Unipa bisa bergabung di DSC. Hal tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka terhadap semua bidang ilmu termasuk di pemerintahan.

“Pada kesempatan kali ini, kami juga melakukan teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak DSI, sementara pihak Unipa dilakukan langsung oleh Dekan FMIPA Dra Wara Pramesti Ssi MSi. KBID-NAK

Related posts

Disewakan, PDAM Surabaya Alihfungsikan Perumahan Karyawan

RedaksiKBID

Semua Proses Sudah Dilalui, Anggaran KPU Rp 5,6 T Belum Cair

RedaksiKBID

55 Pejabat Struktural Pemkot Surabaya DiRotasi, Kepala Dispendukcapil Digeser

RedaksiKBID